Basarnas Sulsel Gelar Diklat Dasar SAR Angkatan II di Pangkep

  • Whatsapp
Basarnas Sulsel Gelar Diklat Dasar SAR Angkatan II di Pangkep

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP– Bupati Pangkep, HM Yusran Lalogau menghadiri pembukaan Pendidikan dan Latihan Dasar Search and Rescue (SAR) Angkatan II oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulsel, Sabtu, 17 Juli 2021. Kegiatan yang diikuti 15 peserta itu di laksanakan di Aula Rujab Bupati Pangkep.

Diklat Dasar SAR yang melibatkan tim Basarnas Sulsel sebagai instruktur akan memberi materi tentang dasar-dasar ilmu pencarian dan pertolongan. Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi dalam sambutannya memuji Bupati Pangkep yang sekaligus merupakan Ketua KNPI Pangkep karena telah memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya Diklat Dasar SAR yang kedua di Pangkep. “Bapak Bupati Pangkep ini tidak hanya muda dan gagah, tapi juga memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Sebagai Ketua KNPI, beliau mendukung terselenggaranya kegiatan ini”, terang Djunaidi.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh, Djunaidi menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan seperti ini sangat diharapkan didukung Pemerintah Daerah agar semakin banyak melahirkan potensi-potensi SAR yang bisa diandalkan saat terjadi kecelakaan maupun bencana. “Kami di Basarnas Sulsel dengan luas wilayah yang luas hanya memiliki personel 114 orang. Ini tentu sangat kurang untuk bisa menjangkau seluruh wilayah di Sulsel. Karenanya, apabila dukungan Pemerintah Daerah seperti yang dilakukan Pemda Pangkep akan sangat membantu mencetak pemuda-pemudi yang memiliki kemampuan SAR sehingga kita bisa menjadi seribu kekuatan lebih yang siap membantu ketika dibutuhkan”, imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Pangkep yang membuka kegiatan berterima kasih kepada Basarnas Sulsel yang membina dan melatih pemuda-pemudi Pangkep yang tergabung di Organisasi SAR Pangkep. Menurutnya, kehadiran SAR Pangkep sangat membantu Pemerintah Daerah dalam pencarian dan pertolongan. “Beberapa waktu lalu ada kejadian di Desa Bara Batu, alhamdulillah dengan kehadiran teman-teman di SAR Pangkep bersama Tim SAR Gabungan bisa menemukan korban lebih cepat”, ungkapnya.

Baginya, Pemda Pangkep akan memberi dukungan bagi organisasi serupa SAR Pangkep untuk terus melatih pemuda yang ada agar memiliki kompetensi yang bisa diandalkan saat dibutuhkan masyarakat. “Semoga dengan kegiatan ini, peserta bisa betul-betul belajar dan memperdalam ilmu yang diberikan Basarnas untuk membantu masyarakat”, harapnya.(ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *