Akhirnya Kuorum, Pengesahan LKPj APBD 2020 Disepakati DPRD

  • Whatsapp
Akhirnya Kuorum, Pengesahan LKPj APBD 2020 Disepakati DPRD

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Rapat paripurna pengambilan keputusan atas persetujuan DPRD Kota Parepare tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota atas Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020, akhirnya disepakati menjadi Peraturan Daerah (Perda). Setelah sebelumnya dua kali pelaksanaan mengalami penundaan karena dianggap tak memenuhi kuorum.

Tapi dengan jumlah anggota yang hadir sebanyak 17 orang dari 25 anggota DPRD Parepare, maka 2/3 kehadiran dinyatakan kuorum.
Kuoromnya rapat paripurna ini, karena salah satu anggota dewan H Sudirman Tansi SE yang sebelumnya tidak hadir, Kamis, 8 Juli 2021, hadir dalam paripurna tersebut hingga dinyatakan kuorum.

Bacaan Lainnya

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Parepare, Hj Andi Nurhatina Tipu S.Sos, Wakil Ketua M Rahmat Sjamsu Alam SH dan dihadiri Wakil Walikota H Pangerang Rahim. Sekaligus menyampaikan jawabannya, di Gedung DPRD Parepare.

Sebelumnya, Wakil Ketua II DPRD Parepare, M Rahmat Sjamsu Alam SH membacakan hasil pembahasan DPRD tentang LKPj APBD 2020 dan menjelaskan secara rinci capaian selama tahun 2020. Termasuk SKPD dan PAD serta saldo selama tahun 2020 yang mencapai kurang lebih Rp41 miliar.

Kemudian setelah itu, Plt Sekwan Jumadi SE MSi dipersilahkan membacakan draf persetujuan dan berita acara. Wakil Walikota H Pangerang Rahim atas nama Wali Kota dalam sambutannya mengatakan, menghindari dan menjunjung tinggi pendapat fraksi yang didukung nilai profesional demi kepentingan masyarakat.

Lima Fraksi di DPRD Parepare menyetujui. Khusus Fraksi NasDem menolak dengan melihat kondisi keuangan daerah. Pemkot Parepare telah mengupayakan mulai perencanaan, penganggaran dan evaluasi dilakukan secara optimal sehingga BPK menilai dengan WTP. Pangerang Rahim pun mengakui, masih ada temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan    (BPK) yang perlu ditindaklanjuti SKPD.

Olehnya itu akan menjadi perhatian untuk dibenahi dengan melakukan pengawasan, sehingga menjadi evaluasi dan perbaikan selanjutnya. Disadari, kata Pangeran Rahim, masih ada kekurangan yang diharapkan adanya masukan kontruktif dari DPRD untuk solusi kearah yang lebih baik.

Maka dengan kerjasama dengan baik, karena program tidak bisa terwujud tanpa dukungan DPRD sebagai lembaga dengan tiga fungsinya. Yakni legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Anggaran, Kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBD) Pengawasan, Kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah. “Program daerah yang tercantum di APBD tetap dikedepankan terutama warga tidak mampu, semoga pengabdian kita semua senantiasa mendapat ridho dari Allah”, katanya.

Pemkot Parepare tetap berkomitmen, berbenah dan memperbaiki diri, dan kerjasama tetap dibutuhkan. Kelima fraksi yang menerima dapat menjadi mitra terbaik, dan dukungan SKPD untuk semakin baik. ” Akhirnya terima kasih kepada DPRD untuk telah menetapkan LKPj APBD 2020 dan selanjutnya dikonsultasikan ke provinsi nantinya,”tutupnya.

Ketua DPRD Hj Nurhatina Tipu dalam arahan penutupannya mengatakan, setelah dilakukan pembahasan di tingkat banggar, fraksi dan proses lainnya. Maka LKPj APBD 2020 disepakati DPRD bersama Pemkot yang ditandai dengan penandatanganan. ” Alhamdulillah, pertanggung jawaban APBD 2020 disepakati bersama antara DPRD-Pemkot yang sebelumnya telah dibahas ditingkat banggar dan fraksi dan terima kasih kepada anggota DPRD yang hadir,”tutupnya.(anj/B)

Data Anggota DPRD yang hadir:
1. M Rahmat Sjamsu Alam SH
2. Ir H Kaharuddin Kadir MSi
3 . H Muliadi SSos
4. H Suleman SE
5. Hj Musdalifah Pawe SH
6. Andi Muh Fudail SH
7. Rudy Najamuddin
8. H Yangsmid Rahman SE
9. H Bambang Nasir SH
10. H Sudirman Tansi SE
11. Hermanto
12. Hj Indriasari Husni SKom
13. Hj Heriani
14. Ir Ibrahim Sunda
15. Namri Nasir
16. Satrya SH
17. Andi Nurhatina Tipu SSos. (sps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *