Waspada! Angka Covid-19 Alami Lonjakan di Parepare

  • Whatsapp
Waspada! Angka Covid-19 Alami Lonjakan di Parepare
Ketua TP PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan saat memakaikan masker kepada salah seorang anak, beberapa waktu lalu.

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Lonjakan kasus Coronavirus Disease (COVID-19) mulai mengkhawatirkan di Kota Parepare. Dimulai dari mulai menurunya tingkat kesadaran masyarakat atas protokol kesehatan, hingga munculnya varian baru Covid-19 yang lebih cepat menular. Kombinasi itu membuat angka positif di Kota Parepare, mulai mengalami peningkatan dari sebelumnya zero.

Dari dua kasus aktif Covid-19, kini bertambah delapan orang sesuai data pertanggal 22 Juni 2021. Kasus aktif tersebut kini dalam perawatan pihak rumah sakit, dengan rincian dua pasien di RS Andi Makkasau, RS Sumantri satu pasien, RS Fatima dua pasien, dan lima pasien melakukan isolasi mandiri yang merupakan tindakan pemulihan yang suspek atau terkonfirmasi Covid-19 sekaligus pencegahan penularan ke orang lain.

Bacaan Lainnya

Kabid Kesmas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kesehatan Lingkungan, Muhammad Idris mengatakan, kluster penularan masih pada penularan lokal. Namun, kata dia, terdapat juga yang pernah melakukan perjalanan dari luar wilayah Parepare. Kasus Covid yang bertambah tersebut ditemukan baru suspek yang dirawat di RS Andi Makkasau, RS Sumantri dan RS Fatima. Untuk menekan angka Covid-19, lanjut Muhammad Idris, dinkes melalui puskesmas akan menyemprotkan disinfektan di tempat-tempat umum.

Utamanya pada daerah yang ramai dikunjungi warga seperti pasar, masjid, warung makan, maupun retail modern. “Kita juga meningkatkan upaya tracing dan testing kepada mereka yang sudah kontak erat dengan pasien Covid-19. Selanjutnya, bekerjasama dengan SKPD lainnya untuk program pembagian masker gratis. Titik beratnya di peningkatan upaya tracing dan testing bagi kontak erat suspek dan terkonfirmasi,” jelasnya.

Direktur RS Andi Makkasau, dr Renny Anggraeny melalui, Kepala Bidnag Keperawatan dan Penunjang Medis, Ners, Sri Umi Wahyuni mengatakan di RSUD Andi Makkasau, pada Rabu 23 Juni 2021, telah bertambah pasien, menjadi lima pasien kasus aktif Covid-19. ” Dua warga lokal dan tiga dari luar Kota Parepare,”jelasnya. Dari lima orang tersebut, satu orang akan dirujuk ke RS Wahidin Makassar. “Jadi yang dirawat, satu warga lokal, dan tiga dari luar Kota Parepare. Semua pasien terkonfirmasi positif. Yang dari luar kota, berasal dari Kabupaten Barru,”ungkapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *