UKW Parepare Berakhir, H Suwardi Thahir Sebut Ada Fenomena Baru

  • Whatsapp
UKW Parepare Berakhir, H Suwardi Thahir Sebut Ada Fenomena Baru

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menjadi salah satu bagian dari suksesnya penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-23 di Kota Parepare. Selain itu, dengan kondisi perkembangan teknologi dewasa ini menuntut para wartawan untuk mampu menulis dengan baik, serta memahami betul pemahaman dasar tentang kode etik dan UU Pers. Hal itu diungkapkan, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Provinsi Sulawesi Selatan, H Suwardi Thahir yang juga merupakan Tim Assesor Dewan Pers PWI Pusat, Senin, 28 Juni 2021.

Dari pelaksanaan UKW di Parepare, kata Mantan Pemred Harian Fajar itu mengaku, jika dirinya melihat adanya fenomena baru yang terjadi pada wartawan dewasa ini. ” Saya melihat makin jauh daerah liputannya dan jarangnya melakukan peliputan, maka berdampak pada lemahnya pemahaman tentang kode etik, menulis berita. Tapi mereka berhasil pada pelaksanaan jumpa pers dan berbicara tentang rencana liputan atau bertanya dengan narasumbernya,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dia pun mengimbau kepada mereka yang akan mengikuti UKW agar memahami betul apa yang dikerjakannya selama ini. “Maka pahami terlebih dahulu yang dikerjakannya, sehingga akan memudahkannya saat mengikuti UKW. Sekarang malah yang terjadi banyak yang bekerja sebagai wartawan tapi tak paham akan apa yang dilakukannya,”bebernya.

Komisaris Parepos.co.id itu pun berharap kepada pemerintah daerah untuk dapat menyisihkan sebahagian anggarannya dalam peningkatan sumber daya manusia bagi para wartawan. Selain itu, pihak perusahaan media juga agar memperhatikan masalah keterampilan, pengetahuan dan kesadaran wartawannya. ” Kini menjamurnya media online, dimana hanya beranggotakan 2 hingga 3 orang. Maka kesadaran perusahaan untuk memperbaiki hal itu, agar lebih baik. Karena wartawan itu pada dasarnya menghubungkan informasi-informasi yang belum diketahui masyarakat agar mereka tahu. Bukan karena sudah dihargai sehingga melupakan pentingnya memahami berbagai aturan, karena kita cari kerja bukan masalah,”tegasnya. “Maka disinilah pentingnya mengikuti yang namanya UKW,”tutupnya.

Seperti diketahui pelaksanaan UKW PWI Sulsel di Kota Parepare dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 26-27 Juni 2021. Dari hasil pelaksanaan yang diikuti peserta untuk jenjang muda dan utama. Sebanyak 7 peserta dari jenjang muda dinyatakan belum kompeten, sedangkan 1 kelas yang diikuti 4 peserta jenjang utama semunya dinyatakan kompeten. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *