Sah, Adik Mantan Bupati Resmi jabat Sekda Pangkep

  • Whatsapp
Sah, Adik Mantan Bupati Resmi jabat Sekda Pangkep
Pelantikan 10 pejabat eselon II dilingkup Pemkab Pangkep

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP– Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene dan Kepulauan, setelah beberapa lama dijabat pelaksana tugas (Plt) resmi dilantik. Bupati Pangkep HM Yusran Lalogau resmi melantik Hj Suriani A Hamid SE  bersama sembilan pimpinan OPD lainnya, Senin 14 Juni 2021, di  Rujab Bupati Pangkep. Hj Suriani sendiri diketahui saat ini masih menjabat Kepala BKPSDM Pemkab Pangkep.

Sejumlah tugas berat sudah menanti Sekda yang tak lain merupakan adik mantan Bupati Pangkep sebelumnya, H Syamsuddin A Hamid. Sejumlah pihak pun berharap, agar Sekda yang baru dapat diandalkan dalam menjalankan tugas-tugas eksekutif, serta mendorong peningkatan kinerja seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Ketua DPRD Pangkep, H Haris Gani S.Sos MSi mengungkapkan, pelantikan tersebut merupakan rujukan dari rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Iya rekomendasi KASN sudah keluar dan membolehkan. Sedangkan izin dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri),”ujarnya. Mantan Ketua KNPI Pangkep itu mengakui, jika melihat masa jabatan bupati memang aturannya seorang kepala daerah bisa melantik setelah menjabat hingga enam bulan.

Dan hal ini diatur tegas pada pasal 71 ayat (2) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 menyebutkan bahwa gubernur atau wakil gubernur, bupati atau wakil bupati, dan walikota atau wakil walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri. Namun, pelantikan 10 pejabat itu telah mendapatkan rekomendasi dari Kemendagri. Sehingga pelantikan itu dinilai sah secara aturan. “Memang ada larangan tidak boleh melantik sebelum enam bulan, kecuali mendapat izin tertulis Mendagri,” jelasnya.

Dengan mengantongi izin dari Kemendagri, lanjut Haris Gani, tak ada patut dipersoalkan. Apalagi beberapa jabatan sebenarnya memang telah lama ditinggalkan oleh pejabatnya. Termasuk jabatan sekda yang selama ini dijabat Plt. ” Tentunya kita harap agar Sekda dan pimpinan OPD yang baru dapat menjalankan tugas-tugas eksekutif dengan baik dan mendorong kinerja ASN dalam penyelenggaraan pemerintahan,”ungkapnya.

Terpisah, Mantan Bupati Pangkep dua periode H Syamsuddin A Hamid SE sebelumnya mengucapkan selamat kepada Sekda definitif yang telah dilantik. Dia pun mengakui, jika itu merupakan hasil dari tahapan lelang jabatan. Laksanakan tugas sebaik mungkin dan terus optimal dan bersinergi dengan semua pihak dalam hal birokrasi pemerintah dan pelayanan publik. Terkait jabatan dan amanah yang diberikan, lanjut H Syamsuddin, dirinya meminta agar adiknya tersebut dapat menjalankan tugas secara baik demi kemajuan daerah. “Support lancarnya kinerja pemerintah daerah dan birokrasi, serta ciptakan tatanan pemerintahan yang kuat dan berintegritas,”tutupnya.

Adapun nama-nama yang dilantik diantaranya, dr Hj Nurliah Sanusi MM sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. H Muhammad Husni Rahman SE sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah. Ir Agustina MT sebagai Kepala Dinas Pertanian. Djajang ST MT sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran. Akbar ST sebagai Staf ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekertariat Daerah. H Andi Irwan ST MT sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Dr Sabrun Jamil SPi MP sebagai Kepala Dinas Pendidikan. Amril SPI MT MA sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Herlina S.Si Apt MKes sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep.(ade)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *