Puluhan Ibu Rumah Tangga Ikut Pelatihan Kerajinan Bambu

  • Whatsapp
Puluhan Ibu Rumah Tangga Ikut Pelatihan Kerajinan Bambu

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Puluhan ibu rumah tangga, kelompok masyarakat dan remaja dari kelompok pajokka di Kecamatan Balocci. Mengikuti kegiatan pelatihan kerajinan tangan dari bambu yang dilaksanakan pengurus Majelis Taklim di Kelurahan Balleangin, Kecamatan Balocci, Rabu 16 Juni 2021. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pangkep, Nurlita Wulan Purnama membuka langsung kegiatan yang diikuti sekitar 50 peserta yang didominasi kaum perempuan.

Dalam sambutannya, Nurlita Wulan Purnama menyampaikan apresiasi atas kegiatan pelatihan kerajinan bambu yang digelar oleh Majelis Ta’lim di Kelurahan Balleanging. “Kegiatan ini sangat baik, saya berharap kerajinan ini nanti bisa mendorong peningkatan ekonomi warga. Untuk hasil dari kerajinan, pihak Dekranasda Pangkep siap menampung dan mempromosikan hasil dari produk kerajinan yang diproduksi oleh masyarakat,” kata Nurlita.

Bacaan Lainnya

Ia juga berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi kelurahan lain untuk mengembangkan kerajinan yang memanfaatkan potensi lokal. Dia pun menyampaikan, Dekranasda mempunyai satu tugas utama yaitu memajukan kerajinan daerah dan tugas ini akan dilaksanakan dengan berbagai program pembinaan. Dan memfasilitas para pengrajin melalui proses produksi, pelestarian karakteristik budaya dan peningkatan mutu serta pemasaran produksi.

Melalui pelatihan ini, kata Nurlita, kiranya dapat meningkatkan nilai jual dari setiap produk kerajinan tangan yang dihasilkan. Sehingga tidak hanya dipasarkan pada tingkat lokal, akan tetapi sudah bisa bersaing dipasarkan pada tingkat regional, nasional bahkan internasional. “Saya berharap pelatihan ini akan lebih mengasah keterampilan yang sudah dimiliki. Sehingga ada kemajuan dari setiap hasil kerajianan yang dihasilkan,” ungkapnya.

Camat Balocci, Jaenal Sanusi menyampaikan, kegiatan ini untuk mengasah dan melatih kemampuan masyarakat untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam seperti bambu yang banyak di Kelurahan Balleanging.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *