Membangun Keluarga Berkualitas, Bupati Pangkep Luncurkan Program 3 M

  • Whatsapp
Membangun Keluarga Berkualitas, Bupati Pangkep Luncurkan Program 3 M
Bupati Pangkep, HM Yusran laogau saat menyampaikan sambutan dalam peluncuran program 3 M

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merupakan ujung tombak bagi pembentukan keluarga berkualitas sejak dini. Melalui program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana). BKKBN berupaya keras untuk mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk Indonesia yang seimbang agar tercapai Indonesia Maju. Hal itupun dilakukan Pemerintah Kabupaten Pangkep dengan meluncurkan program membangun keluarga berkualitas melalui program 3M menuju Pangkep Hebat Sejahtera.

Hal itu ditandai dengan peluncuran program 3 M yakni Messo, Magala dan Macca oleh Bupati Pangkep, HM Yusran Lalogau di Tribun Alun-alun Citra Mas, Kamis 3 Juni 2021. Program membangun keluarga berkualitas melalui 3M, menuju Pangkep Hebat Sejahtera merupakan kolaborasi tiga organisasi perangkat daerah (OPD). Ketiga OPD itu diantaranya, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Bacaan Lainnya

HM Yusran Lalogau dalam sambutannya mengatakan, program-program ini merupakan upaya pemerintah dalam peningkatan sumber daya manusia. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, bergizi, terpenuhinya nutrisi, vitamin dan protein menjadikan masyarakat semakin sehat. Bupati Pangkep juga berharap mayarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman sayur dan obat-obatan. Melalui program ini, kata Bupati termuda di Sulsel, pemerintah daerah menargetkan zero stunting pada tahun 2026.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Herlina menerangkan tentang program 3M tersebut. ” 3 M yaitu M pertama berarti Messo atau kenyang. Kenyang yang dimaksud, semua anak-anak maupun ibu hamil terpenuhi asupan gizi. M kedua, Magala atau sehat. Diharapkan, dengan terpenuhinya gizi, setiap anak menjadi sehat. Dan M ketiga, Macca atau cerdas, ibu-ibu harus memilih dan mengolah makanan untuk anaknya,”bebernya. Maka sesuai harapan pemerintah, dengan program 3 M ini maka jumlah kasus stunting semakin menurun. Terlebih, dengan adanya kolaborasi tiga OPD maka pemenuhan gizi untuk anak-anak kita akan terpenuhi. Peluncuran program 3 M diwarnai dengan pengukuhan petugas Sipetak, penyerahan bantuan bibit udang, penyerahan hasil kultur probiotik, penyerahan klaim asuransi/ pembudidaya ikan.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *