Masuki Musim Tanam, Gabah Petani Belum Dibayar PT Pertani

  • Whatsapp
Masuki Musim Tanam, Gabah Petani Belum Dibayar PT Pertani

PAREPOS. CO. ID, PINRANG — Musim penen di Kabupaten Pinrang sudah selesai, saat ini petani pun mulai mempersiapkan diri memasuki musim tanam. Namun sejumlah Petani belum menikmati hasil panenya, pasalnya gabah yang mereka jual melalui mitra PT. Pertani Pinrang belum dibayarkan.

Salah satu penggarap sawah, Ibah Ridwan, warga Rubae, Kelurahan Benteng , Watang Sawitto, hanya bisa berharap segera dilakukan pembayaran karena musim tanam sudah tiba.

Bacaan Lainnya

“Kasihan kami para petani. Apalagi petani penggarap seperti saya,” keluhnya, Minggu 20 Juni.

Ridwan mengaku, gabahnya sudah hampir dua bulan masuk PT Pertani, tapi  belum juga dibayar.

Hal yang sama diakui Asrul, warga Rubae lainnya. Ia juga mengaku belum melunasi utang-utang pupuk dan pestisida yang diambil dari toko. Bahkan sewa tassi (motor khusus pengangkut gabah) belum lunas.

“Sekarang sudah turun sawah lagi, tapi gabah panen lalu belum dibayar,” kesal Asrul.

Dikonfirmasi terkait keluhan petani itu, Kepala Unit PT Pertani Cabang Pinrang, Muharis, membenarkan hal tersebut.

“Kami bayar tidak langsung memang ke petani. Tetapi lewat pedagang atau kelompok taninya. Kalau ada yang masuk (uang pembelian gabah) pasti kami langsung bayar. Tetapi sekarang, kondisinya sedang tidak baik,” bebernya.

Ia mengaku, kalau stok gabah di gudang masih banyak.Perusahaan plat merah yang bergerak di bidang perbenihan dan perberasan nasional,
penjualanya sedang stagnan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Soal pembayaran ke Petani Muharis belum memberikan solusi dan memastikan kapan gabah dari para petani bisa dibayar seutuhnya. (mnr/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *