Kebijakan Lingkungan, WALHI Sulsel Apresiasi Bupati Maros

  • Whatsapp
Kebijakan Lingkungan, WALHI Sulsel Apresiasi Bupati Maros
Direktur Eksekutif Walhi Sulsel, Muhammad Al Amin saat memberikan materi pelatihan yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Maros
PAREPOS.CO.ID, MAROS– Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sulawesi Selatan memberikan apresiasi kepada Bupati Maros, Chaidir Syam yang memprioritaskan sektor pariwisata. Terlebih, kepedulian dalam kebijakannya mengenai persoalan lingkungan. Hal itu diutarakan, Direktur Eksekutif WALHI Daerah Sulawesi Selatan Muhammad Al Amin saat memberi materi pelatihan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di Destinasi Wisata yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Maros di Hotel Grand Town, Jumat 4 Juni 2021.
Muhammad Al Amin mengatakan, kerja WALHI yang selalu melakukan tekanan terhadap pemerintah terkait kebijakan kebijakannya persoalan lingkungan . “Apresiasi kami belum banyak, tapi kami mendukung penuh Bupati Maros yang telah menggagas inovasi pembangunan yang lebih sistemik dan berkelanjutan pada sektor pariwisata,” ujarnya.
Indikator yang paling menonjol pada masa awal jabatan Chaidir itu ialah pengembangan destinasi wisata yang mulai terlihat secara perlahan. “Jadi bisnis yang menjaga lingkungan itu pariwisata, karena ketika investasi telah menghasilkan PAD, maka sejatinya pengembangan pariwisata itu sudah bisa dikatakan berhasil,” jelasnya.
Satu lagi kenapa Walhi mengatakan pariwisata itu bisnis atau pembangunan berkelanjutan, karena yang lebih banyak dikembangkan adalah mind set dan kemampuan orang untuk mengelola sumber daya alamnya. “Peningkatan SDM Pariwisata itu paling penting, jadi bukan mengeruk sumberdaya alamnya hingga wilayah itu sudah tidak punya nilai jual, tapi kalau SDM Pariwisata yang dikembangkan, pasti mereka ini dapat memanfaatkan dan melihat potensi wisata di daerah,” bebernya.
Selain itu, Amin juga memberikan apresiasi terhadap rencana Pemerintah Daerah Maros untuk membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Maros, yang dimana diharapkan untuk tidak hanya mempromosikan destinasi pariwisata, namun bersedia berkolaborasi dengan pihak manapun.  “Ke depan BPPD ini jangan hanya mempromosikan pariwisata saja, tapi memastikan kerja kolaborasi masyarakat dan pemerintah dalam sektor pariwisata, kerjasama dengan pokdarwis serta perusahaan swasta dalam mempromosikan destinasi wisata,” ungkapnya.(tip/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *