Dinas PUPR Sulsel Gelar Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Konstruksi di Soppeng

  • Whatsapp
Dinas PUPR Sulsel Gelar Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Konstruksi di Soppeng

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Sulawesi Selatan/ Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar menggelar pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Soppeng, Jumat 18 Juni.

Kegiatan yang akan berlangsung dua hari mulai tanggal 18 – 19 Juni, merupakan kerjasama dan aspirasi H Mihammad Atas sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PPP dengan Dinas PUPR Sulsel.

Wakil Bupati Soppeng, H Lutfi Halide dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi ini di masukkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi tenaga kerja konstruksi. Juga meningkatkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh tukang ataupun mandor.

Sehingga nantinya, kata Lutfi, mereka dapat bekerja di lapangan sesuai kemampuan dan keahlian yang dimilikinya. “Kegiatan pembekalan sertifikasi ini juga diharapkan dapat terhindar dengan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu pembangunan infrastruktur,” pungkasnya.

Selain itu, Lutfi Halide mengungkapkan, bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Soppeng saat ini mencapai 2,19 persen tertinggi di Sulsel. “Dengan adanya kegiatan ini Soppeng bisa mempertahankan peningkatan ekonomi,” ujarnya.

Dirjen Bina Konstruksi, Trisasongko Widianto pada kesempatan tersebut menyampaikan, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas pemerintah yang dapat menjadi pendorong laju pertumbuhan ekonomi, baik lokal, regional, maupun nasional.

Dia katakan, pembangunan infrastruktur diarahkan untuk dapat memberikan dampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat. Melalui program – program pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat. Dimana kegiatannya melibatkan masyarakat lokal sebagai pelaksana dari proses perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pengawasan di lapangan.

Maka dapat dipahami bahwa ketersediaan tenaga kerja bersertifikat dan kompeten menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan pembangunan infrastruktur saat ini. “Dimana kualitas bangunan juga ditentukan oleh pelaksana pembangunan itu sendiri,” kata Trisasongko.

Tentunya pelaksanaan kegiatan hari ini, lanjut Trisasongko, telah sejalan dengan salah satu dari 5 prioritas Presiden 2020 – 2024, yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Sesuai dengan visi Presiden RI, Jokowi bahwa Terwujudnya Indonesia Maju Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berdasarkan Gotong Royong.

Sementara anggota DPR RI dari Fraksi PPP, H Muhammad Aras menjelaskan, pembekalan dan uji sertifikasi tenaga jerja konstruksi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan memberikan nilai tambah bagi para tukang konstruksi yang ada di Kabupaten Soppeng.

“Kegiatan ini dilakukan supaya para tukang – tukang kita yang ada di Soppeng punya kualitas dan kemampuan serta memiliki sertifikasi untuk mempermudah mendapatkan pekerjaan,” kata Aras. (wis/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *