Dinas Pertanian Genjot Produksi Melalui Program LTT di Barru

  • Whatsapp
Dinas Pertanian Genjot Produksi Melalui Program LTT di Barru

PAREPOS.CO.ID.BARRU — Pemkab Barru melalui Dinas Pertanian terus menggenjot produksi pertanian khususnya tanaman padi pada program program luas tambah tanam (LTT). Kepala Dinas Pertanian Barru, Ir Ahmad mengatakan, untuk program LTT pada musim tanam (MT) 2021 diharapkan realisasi diatas 7.000 hektare (Ha) yang saat ini luas pertanaman gadu seluas 4.630 ha.

Sebagai upaya menyiasati kondisi iklim terutama lokasi areal persawahan yang sumber airnya kurang tersedia agar melakukan percepatan tanam yang waktu tanam dekade 1 April sampai dekade 3 April 2021. Seperti yang dilaksanakan kelompok tani Maminasae, di Dusun Bottoe, Kelurahan Tanete, Kecamatan Tanete Rilau seluas 17 ha yang diketua Arifai.

Bacaan Lainnya

Kondisi pertanaman, sudah berbuah dan di harapkan panen dekade 3 Juli 2021 dan mejadi contoh pengaturan pola tanam serta peningkatan IP 200 menjadi 300. “Di Bottoe kita kembangkan seluas 17 ha dan akan mulai dipanen pada awal Juli mendatang,”ujarnya.

Ahmad berharap semoga capaian peningkatan produksi padi thun 2021 dapat dicapai seperti halnya tahun 2020 yaitu 61.089 kw/ha atau tertinggi dari 24 Kabupaten di Sulsel sesuai hasil analisis BPS. “Jadi tahun lalu itu Barru tertinggi capaian peningkatan produksi padi dan ini sesuai dengan analisis BPS,”ucapnya.

Kadis Pertanian ini juga menambahkan, sebagai upaya menyiasati iklim di Barru khususnya di Tanete Rilau sudah di kembangkan varietas Genjah umur pendek hanya 70 hari yaitu varietas M70 D, saat ini pertanamannya sdh primordia. Kelompok tani pelaksana Sipatokkong ketua Masse desa pancana seluas 15 ha. (mad/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *