Daerah Digital, Pangkep Miliki Aplikasi ‘SIPINTAS’

  • Whatsapp
Daerah Digital, Pangkep Miliki Aplikasi 'SIPINTAS'

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP- Saat ini negara Indonesia meraih peringkat tiga dari 15 negara di dunia dalam hal instalasi aplikasi kategori keuangan digital, sesuai laporan State of Finance App Marketing AppsFlyer 2021. Dampaknya pun mulai dirasakan, salah satunya yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Seperti yang dilakukan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) dengan mensosialiasikan aplikasi Sistem Informasi Pembendaharaan Terintegrasi (SIPINTAS), Rabu 30 Juni 2021,
di Lantai III Kantor Bupati Pangkep.

Bacaan Lainnya

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKD Pangkep, Asri menyampaikan, aplikasi SIPINTAS memberikan kemudahan untuk melakukan pencairan keuangan. Dimana, aplikasi ini dinilai efisiensi, baik waktu, tenaga maupun biaya saat hendak melakukan pencairan. Pasalnya, dokumen pencairan tidak lagi perlu digandakan dan dibawa ke BPKD. ” Dokumen cukup di scan melalui aplikasi SIPINTAS, kemudian di BPKD akan menindaklanjutinya dengan penelitan dokumen. Melalui aplikasi, pergerakan pencairan bisa dilihat sampai ke posisi dokumen itu ada di bank pada saat pencairan,”jelasnya.

Keberadaan aplikasi SIPINTAS, kata Asri, sesuai amanah Kepres 95 terkait sistem pemerintahan berbasis elektronik. Pemerintah dituntut melaukan inovasi memberikan pelayanan melalui sistem. Sejalan pula dengan tim percepatan digitalisasi daerah. “Pangkep sudah masuk daerah digital, sehingga aplikasi ini sangat cocok aplikasi pemerintahan berbasis elektronik,”ungkapnya. SIPINTAS akan diberlakukan secepatnya, terlebih dahulu akan dibuatkan surat edaran.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *