Suwardi Thahir Bagi Ilmu ke Wartawan PAREPOS

  • Whatsapp
Suwardi Thahir Bagi Ilmu ke Wartawan PAREPOS

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Direktur SDM Fajar Holding,H Suwardi Thahir, untuk memberikan pembinaan kepada para jurnalis media Harian Parepos, , Selasa 18 Mei 2021. Pembinaan dilakukan seperti memberikan pengarahan dan pendidikan. Dan memang sebagai tugas Direktur SDM Harian Fajar yang dinaungi oleh Holding, untuk menambah kapasitas, pengetahuan, wawasan jurnalis yang ada dibawah naungan Fajar.

Hal tersebut dikatakan, Direktur Harian PAREPOS, H Mappiar yang ditemui beberapa waktu lalu. Oleh karenanya, dalam tugasnya tersebut H Suwardi Thahir berkewajiban mendapatkan pengarahan, tentang isu menarik, nilai berita, konvergensi media, dan bimbingan menjadi seorang Jurnalis. “Jadi media online, media televisi, chanel , podcast, nah semua ini beliau permak di seluruh grup, dan tentu kita sebagai salah satu grup itu, kita lebih duluan mengundang pak Suwardi,” katanya.

Direktur SDM Fajar Holding, H Suwardi Thahir dalam penyampaiannya, mengakui jika tugas seorang wartawan dalam menyikapi situasi dan penyimpangan sistem informasi saat ini. Karena penerimaan informasi oleh masyarakat telah berubah. Sistem informasi, kata dia, bisa didapatkan melalui media sosial, bukan hanya melalui surat kabar, TV , dan mendengarkan radio.”Dulu orang menerima informasi dari surat kabar ke televisi, elektronik, radio. Sekarang bisa mendapatkan informasi, sekaligus bisa menjadi sistem informasi,”ungkap Komisaris Parepos.co.id tersebut.

Sehingga, lanjutnya wartawan dibekali, cara membuat berita, membuat judul, dan cara menyikapi situasi dan penyimpangan sistem informasi, dan harus memahami Kode Etik Jurnalis (KEJ) dan UU Pers nomor 40 tahun 1999, karena hal itu sebagai landasan seorang jurnalis.
“Kalau sudah paham pimpinan kita di grup, surat kabar, atau online, gampang menggait pelanggan atau gampang menemui pemberitaan. Karena kalau memberitakan seimbang, kritik seimbang, kalau mengkrtik ada cek and ricek, ada klarifikasinya,” jelasnya.

Dalam materi pelatihan tersebut diikuti sejumlah reporter Harian PAREPOS yang bertugas di wilayah Kota Parepare.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *