Sembilan Kali, Pemkab Pinrang Raih Opini WTP Terbanyak di Ajatappareng

  • Whatsapp
Sembilan Kali, Pemkab Pinrang Raih Opini WTP Terbanyak di Ajatappareng
Bupati Pinrang HA Irwan Hamid, Wakil Bupati Pinrang Drs H Alimin, Ketua DPRD Kabupaten Pinrang H Muhtadin, serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Pinrang.

PAREPOS.CO.ID,PINRANG— Dari tiga daerah peraih Opini LK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI di wilayah Ajatappareng. Pemerintah Kabupaten Pinrang merupakan daerah terbaik setelah berhasil mempertahankan penghargaan opini WTP 9 tahun berturut-turut. Terhitung sejak tahun 2012, daerah berjuluk bumi Lasinrang itu tidak pernah absen meraih penghargaan WTP dari BPK RI. Disusul dua daerah lainnya yakni Kabupaten Barru sebanyak 7 Kali dan Kota Parepare sebanyak 5 Kali.

Hal itu terungkap dalam penerimaan WTP secara Virtual yang dilaksanakan di Jendela Lasinrang, Dinas Kominfosandi Kabupaten Pinrang, Selasa 11 Mei 2021. Kegiatan virtual dihadiri Bupati Pinrang HA Irwan Hamid, Wakil Bupati Pinrang Drs H Alimin, Ketua DPRD Kabupaten Pinrang H Muhtadin, serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Pinrang.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) Perwakilan Sulawesi Selatan, Wahyu Priono memberikan ucapan selamat kepada daerah yang telah berhasil meraih WTP tersebut. Ia mengatakan Opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran laporan keuangan daerah untuk mewujudkan penyelenggaraan keuangan yang akuntabel. “Selamat untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang yang sembilan kali berturut-turut bisa mewujudkan pelaporan keuangan yang baik dan sesuai undang-undang. Kuncinya adalah patuh pada aturan yang telah ditegakkan.” katanya.

Wahyu Priono menambahkan pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah kabupaten/kota tahun anggaran 2020 yang terdiri dari Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, serta Catatan atas Laporan Keuangan. Pemeriksaan ini untuk memberikan opini kewajaran laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan. Termasuk kecukupan pengungkapan, efektifitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap Peraturan Perundangan-undangan. “Opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa. Mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan,” ujarnya.

Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sulawesi Selatan atas hasil pemeriksaan LKPD Kabupaten Pinrang Tahun Anggaran 2020. “Alhamdulillah kita kembali dapat mempertahankan dan meraih kembali predikat Opini WTP ke-9 kalinya secara berturut-turut. Semoga capaian predikat ini dapat kita pertahankan terus,” kata Irwan Hamid. Ia mengungkapkan, Opini WTP ke 9 ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, apalagi dipertahankan secara berturut – turut. “Opini WTP ini semoga dapat dipertahankan pada tahun berikutnya dan dijadikan cambuk untuk berbuat lebih banyak lagi untuk Kabupaten Pinrang,”tutupnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *