Sembilan Kali Berturut-turut, Pemkab Pangkep Raih WTP Kesepuluh

  • Whatsapp
Sembilan Kali Berturut-turut, Pemkab Pangkep Raih WTP Kesepuluh

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP–Pemerintah Kabupaten Pangkep untuk kesepuluh kalinya, meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Dimana sembilan diantaranya telah diraih secara berturut-turut. Raihan ke sepuluh kali opini WTP itu berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Pangkep Tahun Anggaran 2020. Hal itu terungkap dalam video conference BPK RI perwakilan Sulsel dengan Pemkab Pangkep yang dilaksanakan, Jumat, 28 Maret 2021 di Kantor Bupati Pangkep

Penghargaan ini disampaikan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulsel, Wahyu Priono kepada Bupati Pangkep, HM Yusran Lalogau, didampingi Sekda Pangkep Irdas, Ketua DPRD Pangkep Haris Gani beserta Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Muh Asri dan sejumlah Kepala OPD. Satu yang paling membanggakan dari penghargaan WTP ini, yakni keberhasilan Pangkep meraih WTP secara berturut-turut selama sembilan tahun terakhir, dimulai tahun 2012 hingga 2021. Perolehan pertama diraih Pangkep pada tahun 2005 lalu dan putus hingga 2012 lalu.

Bacaan Lainnya

Bupati Pangkep, HM Yusran Lalogau mengatakan, keberhasilan Pangkep meraih penghargaan WTP ini atas kinerja baik dari semua OPD dalam pengelolaan keuangan mereka. “Alhamdulillah kita sudah meraih 10 WTP, sembilan diantaranya diraih berturut-turut. Patut kita syukuri keberhasilan ini karena peran penting dari semua OPD utamanya Badan Pengelolala Keuangan Daerah dalam mengawasi pengelolaan keuangan daerah,” katanya usai menerima penghargaan tersebut.

Bupati pun mengungkapkan rasa terima kasih kepada pemerintahan sebelumnya yang mencatatkan keberhasilan dalam pengelolaan anggaran. “Patut kita berikan apresiasi untuk pemerintahan sebelumnya. Kita tentu berharap di periode kedepannya pengelolalaan keuangan kita semakin baik dan terus hebat,” ujarnya.

PLT Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Pangkep, Muhammad Asri menjelaskan Pangkep meraih penghargaan WTP ini atas andil semua OPD dalam pelaporan dan penggunaan anggaran yang sangat tepat dan cepat. Dirinya pun mengungkapkan capai 10 kali WTP ini berarti telah menyamai capaian dari Kabupaten Gowa dan Provinsi Sulsel. “Alhamdulillah kita saat ini menjadi kabupaten yang bisa meraih 10 WTP dan sembilan diantaranya diraih berturut-turut,” ujarnya. “Patut pula kita berterima kasih kepada Inspektorat Pangkep yang telah melakukan pengawasan dalam sistem pengendalian internal (SPI) pemerintah kabupaten Pangkep, terutama dalam pengelolaan keuangan daerah,”tambahnya.

Sekadar diketahui, WTP sendiri merupakan penghargaan tertinggi dari BPK untuk daerah yang dianggap terbaik dan transparan dalam pengelolaan keuangan. Dimana LKPD yang disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Penghargaan ini pun menjadi rebutan bergengsi untuk setiap daerah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *