Salut! Puluhan Napi Lapas Parepare Ikut Ujian Paket C dan B

  • Whatsapp
Salut! Puluhan Napi Lapas Parepare Ikut Ujian Paket C dan B
Warga binaan Lapas Parepare saat mengikuti ujian kesetaraan

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Puluhan narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Parepare, mengikuti ujian nasional kesetaraan Paket C dan B. Seluruh peserta tampak serius mengerjakan soal-soal ujian nasional kesetaraan Paket C di ruang Aula Rutan sejak 23-25 Mei 2021. Ujian kesetaraan itu merupakan kerjasama antara Lapas) Kelas IIA Parepare dengan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Parepare dalam melaksanakan ujian pendidikan kesetaraan paket B dan C.

Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan dan Pendidikan (Binadik) Lapas Kelas IIA Parepare, Simung mengatakan, pendidikan kesetaraan paket merupakan program pembinaan yang telah berjalan selama dua tahun.“Tahun ini, sebanyak 18 warga binaan yang mengikuti ujian. 6 peserta paket C setara SMA dan 12 peserta paket B setara SMP,” katanya. Puluhan peserta yang mengikuti pendidikan kesetaraan, kata Simung, akan memperoleh ijazah sesuai ujian paket. Sehingga bisa dimanfaatkan saat kembali di lingkungan masyarakat. “Rata-rata warga binaan kasus narkotika yang menjadi peserta ujian paket. Paling muda usia 18 tahun dan paling tua 40 tahun,” kata Simung.

Bacaan Lainnya

Hal senada disampaikan Staf Pembinaan Lapas Parepare, Dirga Ayu. Ia mengatakan pihaknya berkoordinasikan dengan SKB dalam mengadakan program pendidikan paket B dan C yang bertujuan untuk mencover tingkat jenjang pendidikan mereka yang belum selesai, putus sekolah, maupun yang belum melanjutkan sekolahnya. “Kami beri pembinaan lanjutan untuk diberi hak pendidikan kepada para warga binaan. Mereka juga sangat antusias, sebagai salah satu kesempatan untuk memperoleh ijazah yang mereka bisa pergunakan ke depannya,” ungkapnya.

Sementara, Tutor kesetaraan SKB Parepare, Hj Marni menjelaskan, ujian kesetaraan pendidikan para peserta mengikut 10 mata pelajaran. “Hari pertama 3 mata pelajaran yaitu PKN, Agama Islam dan Bahasa Indonesia. Hari kedua IPA, IPS dan Matematika, dan terakhir Budaya, Penjas, Bahasa Inggris dan TIK,” jelasnya. (nan/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *