Program SKPP 2021 Bawaslu Terpusat di Parepare

  • Whatsapp
Program SKPP 2021 Bawaslu Terpusat di Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Badan pengawas pemilu secara serentak membuka sekolah kader pengawas partisipatif (SKPP) 2021. Pendaftaran dibuka mulai Senin 24 Mei dan akan ditutup Jumat 28 Mei 2021. Komisioner Bawaslu Parepare, Nur Islah mengatakan, SKPP akan terpusat di Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk wilayah zona dua. “Parepare, Sidrap dan Toraja Utara masuk wilayah zona dua pendaftaran SKPP,” kata Islah, sapaannya, Kamis 27 Mei.

Untuk zona dua, kata dia, pendaftar SKPP sudah mencapai 90 orang. Rinciannya yakni 40 pendaftar dari Parepare, 42 Sidrap dan 8 orang Toraja Utara. “Total 90 pendaftar dari zona dua. Kemungkinan akan bertambah hingga pendaftaran ditutup besok, Jumat 27 Mei,” ujarnya. Dia menyebutkan, kuota untuk zona dua SKPP Bawaslu sebanyak 100 orang. Sehingga, kata dia, masih ada kesempatan untuk mendaftarkan diri. “Bawaslu menyiapkan fasilitas hotel untuk kapasitas 100 orang untuk zona dua di Parepare,” ucap dia.

Bacaan Lainnya

Dia menyebutkan, SKPP akan dilakukan di 100 titik pelaksanaan yang melibatkan peserta dari 304 Kabupaten/Kota di 34 Provinsi. “Untuk zona dua, kegiatan dipusatkan di Parepare. Namun jadwal pastinya belum ada. Kemungkinan Juli atau Agustus 2021,” sebutnya. Program SKPP itu, kata dia, dibagi menjadi tiga tingkatan. Yakni tingkat dasar, menengah dan lanjutan. “Program pendidikan dasar berlangsung selama tiga hari, menengah lima hari, dan program lanjutan tujuh hari pada rentang waktu Juni hingga Oktober 2021,” kata dia.

Oleh sebab itu, ia mengajak masyarakat untuk mendaftarkan diri. Sebab, kata dia, materi yang akan disampaikan menarik bagi masyarakat “Materinya terkait demokrasi, pemilu, dan pengawasan pemilu. Termasuk mengenai dasar hukum, kelembagaan, strategi pencegahan, dan pengawasan pemilu. Selain itu peserta juga akan belajar mengembangkan karakter pengawasan, membangun integritas, dan memiliki perspektif gender yang kuat,” katanya.

Lebih jauh ia menjelaskan, SKPP merupakan salah satu program dalam pusat pendidikan pengawasan partisipatif yang digagas Bawaslu.”Tujuannya membentuk kader-kader yang siap menjadi mitra Bawaslu dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu dan menularkan semangat pengawasan pemilu di lingkungannya,” tandasnya. (ana/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *