Penyusunan Renstra, Kaswadi: OPD Harus Memahami Visi Misi Pemkab Soppeng

  • Whatsapp
Penyusunan Renstra, Kaswadi: OPD Harus Memahami Visi Misi Pemkab Soppeng

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG – Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak membuka forum gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka penyusunan Renstra SKPD Tahun 2021-2026, di ruang rapat kantor gabungan OPD Pemkab Soppeng, Kamis 20 Mei.

Andi Kaswadi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan amanat dari Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 bahwa rancangan awal renstra perangkat daerah dibahas bersama pemangku kepentingan dalam forum perangkat daerah untuk memperoleh saran dan pertimbangan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diketahui, yaitu rancangan awal RPJMD 2021-2026 digunakan sebagai acuan perumusan tujuan dan sasaran, program, kegiatan, sub kegiatan, indikator kinerja dan pagu indikatif dalam rancangan renstra SKPD tahun 2021-2026.

“Tujuan dan sasaran SKPD diharapkan dapat memecahkan isu isu dan permasalahan pembangunan yang dihadapi, serta dapat menjawab berbagai isu-isu strategis terkait dengan penyelenggaraan tugas dan fungsi SKPD,” kata Andi Kaswadi.

Lanjut Andi Kaswadi, setiap perangkat daerah harus memahami visi misi pemerintah daerah yaitu “Soppeng Yang Lebih Melayani, Maju dan Sejahtera”.

Misi yang akan dijalankan untuk mewujudkan visi tersebut dirumuskan dalam sejumlah upaya umum, yakni memantapkan penyelenggaraan pelayanan dasar, memantapkan perwujudan kesejahteraan masyarakat, memantapkan pencapaian daya saing daerah, memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik, memantapkan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Visi misi ini masih sangat makro dan belum operasional, sehingga harus diturunkan atau dijabarkan lebih lanjut ke dalam tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, sampai dengan program prioritas,” kata Andi Kaswadi.

Hal ini tentu bukan pekerjaan mudah. Ini perlu sinergi, kolaborasi, diskusi serta proses panjang lainnya yang harus dilalui, termasuk konsultasi publik rancangan awal RPJMD.

Mantan Ketua DPRD Soppen dua periode itu mengharapkan kepada seluruh SKPD agar dapat menjabarkan visi dan misi Kabupaten Soppeng dengan sebaik-baiknya. Dengan cara menyusun tujuan dan sasaran SKPD, program prioritas beserta indikator kinerjanya yang terukur.

Selain itu, kata dia, juga tersedianya data yang relevan dan terkait langsung dengan pencapaian visi misi serta dalam rangka penyelesaian permasalahan daerah seperti kemiskinan rendahnya IPM, pertumbuhan ekonomi, dan permasalahan lainnya.

“Setelah pelaksanaan forum ini, saya harap agar setiap SKPD menyempurnakan rancangan awal Renstra perangkat daerah berdasarkan berita acara kesepakatan forum dan segera mengajukan ke Bappelitbangda untuk diverifikasi,” pungkas Bupati Soppeng dua periode ini. (wis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *