Penyandang Difabel Asal Pinrang Masuk Nominator Peraih Kalpataru

  • Whatsapp
Penyandang Difabel Asal Pinrang Masuk Nominator Peraih Kalpataru
Pertemuan di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel

PAREPOS.CO.ID, PINRANG– Sebuah pembuktian akan kepedulian atas lingkungan ditunjukan salah seorang warga asal bumi Lasinrang, Pinrang. Walau ditengah keterbatasan dirinya, tidak menghambat dan membatasinya untuk berinovasi, berkreasi, serta berprestasi. Hal itu terungkap saat Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengikuti rapat verifikasi nominator peraih Kalpataru dengan tim verifikator dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 25 Mei 2021.

Kalpataru merupakan penghargaan tertinggi tingkat nasional dibidang lingkungan hidup. Hanya ada dua warga asal Sulsel yang masuk nominator peraih Kalpataru yakni Ali Topam dari Kabupaten Pinrang dan Darmawan Denassa dari Kabupaten Gowa. Kedua nominator tersebut dianggap berjasa dalam melestarikan lingkungan.

Bacaan Lainnya

Kepala DLH Pinrang, Ir Sudirman menjelaskan itu usai melakukan rapat verkfikator dengan KLHK di ruang kerja Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan. Kata Sudirman, Ali Topam dianggap telah memberikan dampak bagi kelanjutan ekologi, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Walau ditengah keterbatasannya sebagai penyandang difabel, kata Sudi, Ali Topam mampu memberikan inspiratif kepada masyarakat, berinovasi dan berperan serta dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Jarang sekali ada kejadian penyandang difabel yang punya kemauan untuk melakukan hal seperti ini dan di Sulsel belum pernah ada yang masuk kategori tersebut. “Kelebihan pak Ali Topam selama ini tidak pernah mengaharapkan apa-apa. Dia tidak pernah minta anggaran di Pemda dan dia jalan sendiri, dengan swadayanya. Jadi jangan dipatahkan semangatnya karena dia menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat Pinrang khususnya kaum millenial,”tutup Sudirman.(ana/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *