Patuhi Prokes Pelaksanaan Salat Idulfitri di Enrekang

  • Whatsapp
Patuhi Prokes Pelaksanaan Salat Idulfitri di Enrekang
Sekda Enrekang, DR H. Baba, SE., MM saat menyampaikan aturan protokol kesehatan saat pelaksanaan salat idulfitri

PAREPOS.CO.ID, ENREKANG — Pelaksanaan Salat Idulfitri 1442 H akan dilaksanakan, Kamis 13 Mei 2021. Pemerintah Kabupaten Enrekang telah merilis sejumlah arahan terkait penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam rangkaian Idulfitri. Sekda Enrekang, DR H. Baba, SE., MM memaparkan, takbir keliling pada malam lebaran yang menjadi tradisi tahun ini ditiadakan. Cukup dengan takbiran di Masjid.
Selanjutnya, Salat Id di Kota Enrekang dipusatkan di Lapangan Abubakar Lambogo Batili.

Sementara di daerah lainnya, dapat menggunakan lapangan, masjid dan musalah. Jamaah wajib memakai masker dan menjaga jarak, sehingga kapasitas atau daya tampung lokasi harus diperhatikan. “Jangan sampai terlalu padat, sehingga berdesakan antar jamaah. Ini bisa meningkatkan resiko penularan, ” tegasnya.

Bacaan Lainnya

Panitia juga wajib menyediakan sarana pencegahan covid-19. Seperti fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau menyediakan handsanitizer. Beberapa saat sebelum dan sesudah salat Id, dilakukan penyemprotan disenfektan. Panitia juga dianjurkan mensterilkan perlengkapan seperti mic, kotak sumbangan, dan lainnya.

Durasi khutbah diatur maksimal 20 menit. Setelah rangkaian idulfitri selesai, jamaah diminta hindari kontak fisik dan langsung pulang. Sekda pun meminta jajaran camat, hingga lurah dan kades memastikan aturan ini dipatuhi di wilayah masing-masing. “Ini adalah ikhtiar kita agar tidak terjadi lonjakan kasus pasca idulfitri. Harapan kita, Enrekang bebas dari Covid-19, ” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *