Libur Lebaran, Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM, LPG dan Avtur Aman di Sulawesi

  • Whatsapp
Libur Lebaran, Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM, LPG dan Avtur Aman di Sulawesi
Executive GM Pertamina Regional Sulawesi, Rama Suhut saat mengunjungi salah satu Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE)

PAREPOS.CO.ID,MAKASSAR– Jelang hari raya Idul Fitri 1442 H, Pertamina Regional Sulawesi mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir akan kehabisan sumber energi BBM dan LPG. Pihaknya menjamin ketersediaan energi terutama BBM, LPG dan Avtur dapat tercukupi di momen hari raya ataupun seterusnya. Adanya larangan mudik dan penyekatan di berbagai daerah sesuai Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan COVID-19 No.13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H, tidak mengubah status kesiapsiagaan Pertamina.

Libur Lebaran, Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM, LPG dan Avtur Aman di Sulawesi

Bacaan Lainnya

Pertamina tetap mengambil langkah antisipasi dan telah melakukan proyeksi konsumsi energi, antisipasi potensi bencana, cuaca dan titik kerumunan masyarakat, menyediakan layanan terbaik, serta berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam upaya memastikan ketersediaan BBM, LPG dan Avtur aman selama masa libur lebaran Idul Fitri. Hal tersebut disampaikan dalam Press Conference Kesiapan Pertamina Regional Sulawesi Jelang Libur Idul Fitri 1442 H yang digelar secara virtual, Jumat 7 Mei 2021.

Executive GM Pertamina Regional Sulawesi, Rama Suhut dalam paparannya meyampaikan bahwa Pertamina secara korporasi telah membentuk Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) sejak tanggal 26 April hingga 30 Mei 2021 untuk memastikan ketersediaan energi untuk masyarakat di seluruh Lembaga Penyalur Pertamina (SPBU, Agen LPG, Pangkalan dan lembaga penyalur lainnya) untuk menghadapi momen Libur Idul Fitri 1422 H. “Kami telah menambah stok BBM hingga 5% di seluruh Fuel Terminal di wilayah kami dan menambah pasokan tabung LPG sebesar 25% dari konsumsi normal pada bulan Mei ini untuk antisipasi konsumsi domestik rumah tangga yang lebih besar dikarenakan pembatasan yang semakin diperketat dan upaya menekan inflasi daerah dan/atau harga diluar kewajaran dengan operasi pasar sesuai permintaan pemerintah daerah,” terang Rama.

Libur Lebaran, Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM, LPG dan Avtur Aman di Sulawesi Libur Lebaran, Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM, LPG dan Avtur Aman di Sulawesi

Selain itu, pihaknya juga menambah stok avtur pada hari-hari tertentu sebelum dan setelah larangan mudik diberlakukan. Rama menambahkan berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak kepolisian, terdapat adanya titik-titik yang perlu di antisipasi seperti jalur wisata dan potensi keramaian lainnya. Untuk itu pihaknya juga menyiagakan 9 unit Mobile Dispenser, 13 titik Mobile Storage (SPBU Kantong) di daerah wisata dan menyiagakan 22 unit Motorist Pertamina Delivery Service (PDS) yang tersebar di berbagai titik di Sulawesi yang siaga mengantarkan BBM dalam kemasan dan Bright Gas yang dapat dipesan dan diakses melalui Pertamina Call Center 135. “Potensi cuaca buruk serta bencana longsor dan banjir juga telah kami antisipasi. Skenario alternative supply baik via darat dan laut telah kami siagakan untuk dilakukan. Kami melakukan yang terbaik yang dapat kami lakukan. Sehingga masyarakat bisa nyaman dan tenang dalam momen Idul Fitri ini,” imbuhnya.

Masyarakat yang hendak ke SPBU juga merasa aman dan nyaman, karena pihaknya telah memastikan bahwa seluruh operator mematuhi protokol kesehatan dan SPBU sendiri dilakukan disinfeksi secara berkala. Untuk meminimalisir kontak langsung pembayaran dengan uang cash, Pertamina menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh di playstore maupun di appstore sebagai sarana cashless payment yang tersedia di 392 SPBU se-Sulawesi.

Masyarakat dapat memanfaatkan promo Hari Kemenangan berupa pembelian lebih hemat Rp300,- per liter BBM Pertamax Series dan Dex Series menggunakan MyPertamina pada bulan Mei ini dan promo tukar tabung LPG 3kg ke kemasan 5,5 maupun 12 kg. “Kami berupaya optimal agar selama masa libur lebaran, masyarakat dapat tercukupi kebutuhan akan BBM dan LPG. Kami terbuka, siaga dan cepat tanggap apabila terdapat keluhan dan pengaduan masyarakat terhadap layanan BBM dan LPG Pertamina langsung dapat disampaikan melalui Pertamina Call Center 135,” tutupnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *