Kemenkumham Geledah Kamar Napi Rutan Sidrap dan Lapas Parepare

  • Whatsapp
Kemenkumham Geledah Kamar Napi Rutan Sidrap dan Lapas Parepare

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal  (Satopspatnal ) Divisi pemasyarakatan  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Sulsel) menggeledah tiap kamar di blok hunian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Parepare dan Rumah Tahanan (Rutan) Sidrap.

Kabid Keamanan Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulsel, Abdul Wahid mengatakan, penggeledahan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas dan Rutan.

Bacaan Lainnya

Seperti, kata Abdul, penyalahgunaan narkoba, senjata tajam, barang elektronik, ponsel dan barang larangan lainnya yang dapat menimbulkan gangguan Kamtib. ”Tidak ditemukan barang terlarang, kita hanya mendapatkan tali, gunting, korek api, sendok, dan barang lainnya yang tidak menimbulkan ganguan keamanan,” kata Abdul Wahid, Senin 24 Mei.

Selain itu, kata dia, Tim satgas yang beranggotakan 15 orang itu juga melakukan tes urin kepada petugas dan WBP.

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Edi Kurniadi menjelaskan, penggeledahan rutin juga di lakukan tim Lapas dan Rutan setempat.

Dia menyebutkan, selama 2021 pihaknya telah melakukan 9 kali penggeledahan pada 11 Lapas dan Rutan di Sulsel. “Bahkan kita bekerja sama dengan pihak kepolisian dan BNNP. Waktu idulfitri lalu, kita dibantu anjing pelacak dari BNNP Sulsel,“ sebut Edi.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto menuturkan, kegiatan tersebut sesuai instruksi Dirjen Pemasyarakatan. “Ada tiga kunci pemasyarakatan untuk maju adalah adanya deteksi dini, sinergi, dan perang terhadap narkoba,” tuturnya.

Deteksi dini menurut Harun yakni kemampuan memprediksi kendala dan strategi mengatasinya. “Sinergi adalah kolaborasi dengan berbagai pihak terutama aparat keamanan, penegak hukum beserta media dan juga komitmen serta konsistensi perang terhadap narkoba,” tandasnya. (ami/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *