Kecam Israel, Ratusan Aliansi Pemuda Galang Donasi untuk Palestina

  • Whatsapp
Kecam Israel, Ratusan Aliansi Pemuda Galang Donasi untuk Palestina
Ratusan organisasi pemuda dan masyarakat Soppeng turun ke jalan dukung bela palestina

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG– Aksi peduli kemanusiaan serta kecaman diperlihatkan oleh aliasi pemuda dan masyarakat di bumi Latemmamala, Kabupaten Soppeng terkait serangan yang terjadi di sekitar Masjid Al-Aqsa, Negara Palestina. Menanggapi situasi penyerangan dan pendudukan Israel tersebut, maka Aliansi Pemuda dan Masyarakat Soppeng Peduli membacakan pernyataan sikap yang dibacakan Andi Ikram mewakili Bupati Soppeng dan Aliansi.

Dalam pernyataan sikap itu diantaranya, mengecam keras aksi brutal Israel kepada Palestina yang telah dilakukannya selama beberapa dekade sejak 1948 sampai 2021. Kemudian Israel dinilai melanggar semua pasal dalam Deklarasi HAM 10 Desember 1948. Israel adalah negara yang paling sering melanggar hukum internasional. Israel melanggar konvensi Jenewa, perjanjian Oslo dan resolusi-resolusi PBB yang dikeluarkan PBB mengenai Israel Palestina. “Kami minta agar PBB dan OKI memperjuangkan hak-hak Palestina, dan menggalang doa bersama dan solidaritas kemanusiaan untuk Palestina,” seru Andi Ikram saat membacakan pernyataan sikap.

Bacaan Lainnya

Dia pun meminta pemerintah agar meneruskan kepada The International Criminal Court (ICC) atau Mahkamah Pidana Internasional untuk melakukan penyelidikan atas agresi yang dilakukan Israel. “Mulai dari berbagai peristiwa yang terjadi di Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur sejak Juni 2014,”tegasnya.

Aksi dirangkaikan dengan Long March atau berjalan kaki dengan memeriahkan bendera Palestina, doa bersama sebagai bentuk dukungan semangat dan kepedulian kepada masyarakat dan negara Palestina dan sekaligus sebagai bentuk kecaman kepada Zionisme Israel yang telah melakukan pelanggaran HAM berat. Selain itu, aksi ini juga melakukan penggalangan donasi, dilakukan dengan dua acara yaitu melalui rekening dan sumbangan masyarakat secara langsung.

Donasi itu nantinya akan disalurkan melalui lembaga independen terpercaya untuk membantu kebutuhan masyarakat Palestina yaitu berupa obat-obatan, makanan, dan kebutuhan lainnya. Sekedar diketahui, terdapat 120 lembaga, organisasi, komunitas di Kabupaten Soppeng yang tergabung dalam Aliansi Pemuda dan Masyarakat Soppeng Peduli Palestina.(ima/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *