Kamrussamad Beberkan Strategi PEN Hadapi Covid-19

  • Whatsapp
Anggota DPR RI dari Komisi XI, Ir H Kamrussamad ST MSi saat memberikan pandangan terkait pemulihan ekonomi nasional ditengah pandemi Covid-19. Ini merupakan agenda dialog yang dilaksanakan SMSI Kota Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Parepare bekerjasama dengan Harian PAREPOS, Radio Mesra FM menggelar dialog tentang strategi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ditengah Pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut menghadirkan Anggota DPR RI dari Komisi XI, Ir H Kamrussamad ST MSi sebagai narasumber utama dalam kegiatan bertajuk ‘Ngabuburit Ramadan’ yang berlangsung di Kafe Teras Empang, Senin, 3 Mei 2021.

Kegiatan yang dipandu Direktur Harian PAREPOS, Drs H Mappiar HS sebagai moderator juga menghadirkan narasumber dari Pemerintah Kota Parepare yang diwakili Kabag Ekonomi dan SDA Sekretariat Daerah, Basuki Busrah SE MSi dan salah satu pengusaha yang juga Ketua DPC Gerindra Parepare, Arief Rahman.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya diketahui, legislator Gerindra di Senayan, Kamrussamad  memiliki agenda dibeberapa daerah termasuk Kota Parepare dengan bertemu Pemimpin Cabang Bank BRI untuk mendengar secara langsung kondisi perekonomian masyarakat Parepare melalui kacamata perbankan.

Hal itu untuk memotret kemampuan masyarakat mengendalikan krisis ekonomi, salah satunya bidang kesehatan akibat dari Pandemi Covid-19. Kamrussamad yang juga putra asal Pangkep itu mengakui masyarakat Parepare memiliki kepercayaan diri ditengah kontraksi ekonomi yang terjadi karena Covid-19. Pembatasan sosial mengakibatkan menurunnya permintaan produksi barang kebutuhan. “Tapi masyarakat Parepare punya confidence, karena Parepare masih yang terbaik pertumbuhan ekonominya di Sulsel, bahkan Parepare lebih baik secara nasional bila dibandingkan Sulsel,” katanya.

Lanjut, Wakil Ketua HIPKA dan Founder KAHMI Preneur, masyarakat masih optimistis meski sedang dalam resesi ekonomi. Walau demikian ditengah kesulitan itu, pertumbuhan pada sektor agro masih berkembang, khususnya pada sub sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan.

Ia juga mencatat sektor industri digital (ICT) merupakan bisnis yang meningkat, dimana perekonomian masyarakat terpaksa berbasis digital dan membuka peluang bisnis baru yang berkembang. “Selain itu Industri kesehatan juga ikut tumbuh. Ada produk herbal yang meningkat khususnya untuk produk suplemen imunitas tubuh, yang kemudian menjadi bagian ekosistem, agro sebagai hulu dan produk sehat herbal menjadi hilirnya,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Ekonomi dan SDA Setdako Parepare, Basuki Busrah SE MSi mengatakan, daya tahan ekonomi Parepare tidak boleh hanya bergantung pada share nasional. Busrah yang juga merupakan mantan kader KAHMI mengakui, anggaran Rp 1 triliun dari APBD Parepare harus terserap pada sektor padat karya. Salah satu sektor padat karya itu adalah sektor konstruksi. “Karena 15 persen dari Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) berasal dari konstruksi,” jelasnya

Ia menambahkan, yang ekonomi yang terdampak ini dari sisi permintaan (Demand Side). Sehingga, kata dia ,memberikan bantuan ke pelaku UMKM, sama saja menyiram bensin ke api jika tidak memperhatikan sisi permintaan, sebab sisi permintaan yang mengalami masalah, sehingga absorbsi atau daya serap harus diperluas melalui peningkatan daya beli atau purchasing power masyarakat. “Karena mereka akan menggunakan uang itu untuk bayar utang, bayar karyawan, dan dikonsumsi jika sisi permintaan tidak diperbaiki,” katanya.

Berbeda halnya yang diungkapkan Arif Rahman jika dirinya banyak paham akan peluang bagi pengusaha setelah ikut mendampingi pak Kamrussamad. “Banyak peluang yang akan diberikan perbankan bagi kalangan usaha,”singkatnya. Hadir dalam kegiatan itu Anggota DPRD Gerindra, Kamaluddin Kadir, para tokoh KAHMI, tokoh masyarakat, pelaku usaha dan sejumlah anggota SMSI dan PWI. Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan pembuka dialog oleh Ketua SMSI Kota Parepare, Ade Cahyadi SH MSi yang diakhiri pembacaan doa oleh Ustads DR Khayadi SPd MM dan buka puasa bersama.(wal/B)

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *