Dinsos Sidrap Evakuasi Lansia Terlantar ke PPSLU Parepare

  • Whatsapp
Dinsos Sidrap Evakuasi Lansia Terlantar ke PPSLU Parepare

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Seorang lanjut usia (Lansia) bernama Langkong terlantar di Desa Sereang, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel). Melihat hal itu, warga pun mengadukan nasib kakek 65 tahun tersebut ke Dinas Sosial (Dinsos) Sidrap.

Menanggapi hal itu, Dinsos merespons aduan warga dengan mengevakuasi pria itu ke UPT Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) Provinsi di Mappakasunggu, Kota Parepare.

Kabid Rehabilitasi Sosial dan Linjamsos, Dinsos Sidrap, Nurhidayah mengatakan, Awalnya pria itu tinggal di rumah kerabatnya.

Kata dia, pria tua itu berpindah-pindah dari rumah kerabat yang satu ke rumah kerabat lainnya.

Mirisnya, Langkong tak lagi tinggal bersama kerabatnya. Ia memilih hidup sendiri di salah satu gubuk di Desa Sereang, Kecamatan Maritenggae.

“Setelah kami mendapatkan laporan dari pemerintah Desa Sereang bahwa ada kakek terlantar di sana. Kami lalu langsung turun ke lokasi,” kata Nurhidayah, Sabtu 8 Mei.

Usai melakukan asesmen, pihaknya lalu berkoordinasi dengan UPT Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) Provinsi di Mappakasunggu, Kota Parepare.

“Setelah mewawancarai beberapa warga sekitar terkait keberadaan dan aktivitas Langkong, kami rujuk yang bersangkutan ke PPSLU Mappakasunggu agar mendapat perlindungan dan rehabilitasi. Di sana, dia memperoleh pemenuhan kebutuhan yang layak di panti lanjut usia,” tandasnya. (ami/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *