Calon Maba Perebutkan 2.021 Kuota di IAIN Parepare

  • Whatsapp
Calon Maba Perebutkan 2.021 Kuota di IAIN Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare akan menerima 2.021 calon Mahasiswa Baru (Maba) sesuai kuota yang diterima. Kuota penerimaan calon Maba diseleksi melalui tiga jalur, diantaranya. Pertama, jalur SPAN PTKIN, kedua jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM – PTKIN), dan ketiga Jalur Mandiri.

Penyeleksian kali ini dilaksanakan berbasis digital. Wakil Rektor I, Sitti Jamilah Amin, mengatakan, peserta ujian cukup mengikuti ujian di rumah masing-masing atau di tempat yang dipilih peserta.

Bacaan Lainnya

Walau ujian dilaksanakan secara digital, pengawas tetap bisa mengawasi peserta ujian dengan ketat. Aplikasi Sistem Seleksi Eletronik (SSE) telah mendesain sistem pengawasan secara digital. “Seluruh peserta terpantau dan terlihat melalui monitor pengawas yang dipusatkan di kampus IAIN Parepare,” katanya.

Sitti Jamilah Amin, mengatakan untuk Pelaksanaan ujian SPAN PTKIN telah berakhir April lalu, dengan jumlah pendaftar mencapai 3.557 orang, memperebutkan kuota 30%  dari jumlah yang diterima. UM-PTKIN berlangsung mulai 24 – 27 Mei mendatang, total pendaftar melalui jalur tersebut  2.678 orang dengan memperebutkan 40% kuota. Lebih lanjut, untuk Jalur Mandiri, akan dibuka pada 18 Mei lalu hingga 30 Juni mendatang. Kuota calon mahasiswa yang akan diterima melalui jalur mandiri, sebanyak 30%.

Sitti Jamilah Amin, menerangkan, Rektor IAIN Parepare telah menetapkan dan menunjuk Tim Pengawas UM PTKIN IAIN Parepare tahun 2021, sebanhak  28 orang. Terdiri dari, tiga orang pengawas umum, empat orang pengawas IT, dan 21 orang pengawas ruangan SSE. “Para pengawas akan memngawasi gerak gerik peserta saat ujian. Jika ada yang melanggar, pengawas berhak menegur dan bahkan menghentikan peserta mengukuti ujian SSE,” pungkasnya. (ana/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *