Bupati Irwan Hamid Berharap Ketua PWI Pinrang Segera Definitif

  • Whatsapp
Bupati Irwan Hamid Berharap Ketua PWI Pinrang Segera Definitif

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Bupati Pinrang, HA Irwan Hamid meminta agar PWI segera melaksanakan konferensi kabupaten. “Saya tadi mendengar Plt Ketua PWI Pinrang, kiranya segera di definitifkan dan memilih yang muda dan lebih energik,”ujarnya ditengah sambutannya saat pembukaan UKW Angkatan Ke-21 di MS Hotel, Pinrang.

Dalam sambutannya, HA Irwan Hamid mengungkapkan, sesuai tema UKW yakni mewujudkan wartawan berkompetensi dan profesional di era digital. Menurutnya, sebuah tantangan tersendiri di masa yang akan datang dimana standar kompetensi wartawan melalui UKW menjadi bagian dari upaya yang sistematis dan terukur untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. Standar ini menjadi sarana terbaik bagi wartawan untuk mengukur kemampuan, pengetahuan dan menegaskan posisi pentingnya di dalam perusahaan pers. Artinya output UKW ini akan menjadikan wartawan profesional dan sekaligus memberangus wartawan yang abal-abal.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh, kata mantan Ketua DPRD Pinrang, manfaatnya untuk publik yaitu mendapatkan informasi dari wartawan atau jurnalis yang bekerja sesuai dengan koridornya yang mengaju pada kode etik dan UU Pers. Ditambahkannya, tantangan pers di era digital saat ini ada pada kualitas produk jurnalistik dan kredibilitas media. ” Kami selaku pemerintah kabupaten pinrang sekali lagi memberi support dan ruang seluas-luasnya untuk kesuksesan pelaksanaan UKW. Karena kami mempunyai kepentingan besar melalui standar kompetensi wartawan untuk melindungi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat, sehingga praktik penyalagunaan profesi wartawan dapat diminimalisir,” harapnya.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati berharap kepada para asesor untuk melakukan tugasnya dengan baik dalam menyaring mana wartawan yang profesional dan mana wartawan yang tidak mengetahui tugas dan fungsinya selaku jurnalis. Dan kepada para peserta baik dari Kabupaten Pinrang maupun dari luar daerah untuk menjadikan UKW sebagai tolak ukur kemampuan sejauh mana memahami dan melaksanakan tugas jurnalis.

Terpisah, Ketua Bidang Organisasi PWI Sulsel, Manaf Rahman menyikapi harapan Bupati Pinrang akan segera ditindaklanjutinya sesuai prosedur. Diakuinya bahwa apa yang dilakukan pemerintah dengan pelaksanaan UKW bagi para wartawan memang sangat dibutuhkan dengan tujuan bukan untuk membatasi kinerja wartawan tetapi justru untuk terus meningkatkan kinerja wartawan. Kegiatan UKW Angkatan Ke-21 menghadirkan delapan asesor yang telah ditunjuk dewan pers sebagai penguji diantaranya, Suwardi Thahir, Izaac, Hendro Basuki, Eko Pamuji, Mahmud Suhermono, Firdaus Bahri dan Djunaedi Djunti.(ade)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *