Bupati dan Ketua DPRD Soppeng Teken Nota Kesepakatan

  • Whatsapp
Bupati dan Ketua DPRD Soppeng Teken Nota Kesepakatan

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak bersama Ketua DPRD H Syahruddin M Adam teken nota nota kesepakatan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Soppeng tahun 2021 – 2026.

Penandatanganan nota kesepakatan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Soppeng, Kamis 6 Mei.

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak dalam sambutanya mengatakan, berdasarkan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 bahwa hasil pembahasan dan kesepakatan terhadap rancangan awal RPJMD dirumuskan dalam nota kesepakatan yang ditandatangani oleh kepala daerah dan ketua DPRD.

Oleh karena itu, kata dia, sudah sepatutnya saya memulainya dengan menyampaikan apresiasi saya kepada pimpinan dan anggota DPRD sebagai mitra kerja yang konstruktif.

“Tentu tidak bisa dihindari bahwa dalam melaksanakan kerjasama ini situasinya sering amat dinamis, disertai dengan perbedaan pendapat. Namun saya melihat semua ini menunjukkan bahwa proses demokrasi dan cek and balace berjalan, yang memperkaya upaya kita untuk membawa Soppeng ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Lanjut Andi Kaswadi, hakikat pembangunan pada dasarnya merupakan peningkatan hidup kualitas manusia dan masyarakat menjadi lebih baik. Untuk mempercepat proses tersebut, pemerintah harus proaktif dalam mengembangkan terobosan dan inovasi pengelolaan pembangunan khususnya mencari solusi yang optimum bagi kepentingan daerah dengan melibatkan semua unsur pembangunan.

Arah kebijakan dan program- program prioritas pembangunan yang pro rakyat harus kita kedepankan. Semangat memacu pembangunan di kabupaten Soppeng ini merupakan manifestasi dari kesungguhan kita dalam pembangunan.

“Ini semua menggambarkan betapa pentingnya menyamakan persepsi tentang arah kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Soppeng,” kata Bupati Soppeng dua periode ini.

Dia katakan, Kerjasama yang sinergitas antara legislatif dengan eksekutif adalah bentuk tanggung jawab bersama dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang mengedepankan transparan dan akuntabel sehingga tercipta good governence.

Menurut Andi Kaswadi, penandatanganan nota kesepakatan rancangan awal RPJMD Kabupaten Soppeng tahun 2021-2026 dalam rapat paripurna DPRD Soppeng merupakan salah satu tahapan dalam menyusun RPJMD kabupaten Soppeng tahun 2021-2026.

Sehubungan dengan hal itu, setelah kesepakatan ini, tim penyusun segera melakukan konsultasi rancangan awal RPJMD Kabupaten Soppeng tahun 2021-2026 kepada Gubernur, dan menyusun surat edaran kepala daerah tentang penyusunan rancangan renstra perangkat daerah yang mengacu pada rancangan awal RPJMD.

“Dengan demikian, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama diharapkan rancangan peraturan daerah tentang RPJMD Kabupaten Soppeng tahun 2021-2026 dapat disusun untuk kemudian diserahkan secara resmi di depan sidang paripurna DPRD,” jelas Andi Kaswadi yang juga Ketua DPD II Golkar Soppeng tiga periode ini. (wis/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *