54 Pendaki Gunung AOPGI Kibarkan Kebangkitan Nasional di Puncak Ciremai

  • Whatsapp
54 Pendaki Gunung AOPGI Kibarkan Kebangkitan Nasional di Puncak Ciremai

Kota Bandung — Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat Engkus Sutisna  membuka prosesi awal pemberangkatan 54 pendaki  gunung dari Asosiasi Olahraga Pendakian Gunung Indonesia (AOPGI) Provinsi Jawa Barat yang akan mengibarkan bendera Merah Putih, bendera Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta bendera Komite Olahraga Rekreasi Masyarat Indonesia (KORMI) Provinsi Jawa Barat di Puncak Gunung Ciremai Jawa Barat untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021. Prosesi tersebut dilaksanakan di di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Jl. Pacuan Kuda, Arcamanik, Bandung, Kamis (20/05/21).

 

Kepala Dispora Jawa Barat Engkus Sutisna dalam sambutannya memaparkan tiga hal yang harus dikuasai oleh pendaki gunung yakni,  knowledge (pengetahuan) , skill (keterampilan) dan attitude (perilaku). Tanpa tiga hal tersebut tidak mungkin seorang pendaki gunung bisa dikatakan pendaki yang sejati.

 

“ Knowledge  adalah bagaimana seorang pendaki harus paham tentang informasi dan pengetahuan pendakian gunung. Skill dapat diperoleh dengan latihan-latihan teknis sehingga dapat menghadapi segala macam rintangan dan halangan, salah satu skill yang penting dalam pendakian adalah ketrampilan dalam survival . Terakhir adalah attitude . Ini adalah kemampuan menjaga perilaku (nilai-nilai) seperti menjaga kelestarian alam, tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencoret-coret pepohonan ataupun bebatuan, yang terpenting, sebagai orang beragama, agar selalu menjaga dan melakukan perintah agama dalam pendakian,“ ucap Engkus Sutisna.

 

Menurut Ketua Umum AOPGI Jawa Barat Ryan Abu Bakar, sebanyak 54 pendaki Gunung AOPGI akan menempuh perjalanan hingga di puncak Gunung Ciremai setinggi 3.078 Mdpl. Sementara rute yang ditempuh melalui jalur Majalengka. “Tujuan pendakian adalah untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021. Selain itu juga mengedukasi masyarakat, melestarikan alam dan mengenalkan spot-spot wisata dan rekreasi di sepanjang jalur pendakian di Gunung Ciremai,” jelas Ryan.

 

Ikut hadir memberikan sambutan Ketua KORMI Jawa Barat Denda Alamsyah, ia berharap dalam pendakian ini para peserta pendakian senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan.

 

“Kita bersyukur walaupun dalam masa pandemi masih bisa melakukan kegiatan dengan prokes yg ketat. Mudah-mudahan peserta yang akan melakukan pendakian diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa untuk selalu menerapkan SOP ( Standard Operating Procedure ) dengan baik agar kegiatan berjalan lancar. Selamat melakukan pendakian saling melindungi antar teman. Terakhir, para pendaki sudah  seharusnya menjaga kelestarian alam, dengan tidak merusak alam dan membuang sampah sembarangan,” kata Denda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *