UKW Pinrang Ditunda, Suwardi Thahir: Daerah Segera Koordinasi

  • Whatsapp
UKW Pinrang Ditunda, Suwardi Thahir: Daerah Segera Koordinasi

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Rencana Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 26 – 27 di Kabupaten Pinrang diundur setelah idul Fitri 1442 H. Penundaan ini berkaitan dengan kondisi terakhir, yakni pelarangan mudik, puasa dan Covid-19. Berdasarkan kondisi tersebut UKW ke-21 PWI Sulawesi Selatan yang  dijadwalkan akhir bulan ini direncanakan pada akhir Mei 2021.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sulsel, Suwardi Thahir yang dihubungi media ini, Jumat 16 April, menjelaskan penundaan tersebut disampaikan oleh Direktur Uji Kompetensi PWI, Prof Radjab Ritonga. Penundaan ini, katanya adalah kondisi riel dan memang sejak awal panitia telah  memperhitungkan berbagai kemungkinan, termasuk kalau terjadi penundaan.

Bacaan Lainnya

Selama ini, setiap pelaksanaan UKW, keputusan menyangkut jadwal kegiatan menjadi domain PWI pusat karena asesor, administrasi, materi uji ditentukan dan ditangani PWI Pusat. ‘’Kami sebagai pelaksana di daerah memang tidak mematok jadwal pasti,’’ katanya.

Lebih jauh, asesor UKW PWI Pusat itu menyampaikan bahwa penundaan ini telah dikomunikasikan dengan Ketua PWI Sulsel, Agussalim Alwi Hamu, yang pada prinsipnya sepakat dengan penundaan karena bila dilasanakan pada akhir bulan ini, waktunya mepet. ‘’Kami telah menyampaikan ke Ketua PWI Sulsel dan menyetujui bila UKW di Pinrang dilaksanakan setelah lebaran Idul Fitri,’’ ungkap Suwardi, yang pernah menjabat sebagai Ketua PWI Ajatappareng.

Sementara itu, Plt Ketua PWI Pinrang, Masrur Umar, menyampaikan bahwa penundaan ini diterima sebagai keputusan yang yang penuh hikmah. ‘’Insya Allah kami siap melaksanakan setelah Idul Fitri, yang jadwalnya akan kami konsultasikan ke PWI Sulsel,’’ katanya. Namun demikian, lanjut Masrur, dari segi kesiapan, PWI Pinrang sudah siap, baik peserta maupun administrasi, apalagi dukungan dari Bupati Irwan Hamid sudah ada. ‘’Kami usulkan satu atau dua pekan setelah Idul Fitri,’’ katanya.

Berdasarkan kalender, sepekan setelah Idul Fitri jatuh pada 21 –  22 Mei atau dua pekan sekira 27 – 28 Mei 2021. ‘’Tapi semua bergantung hasil konsultasi kami dengan PWI Sulsel,’’ katanya. Rencananya UKW Pinrang akan diikuti sekira 48 peserta, baik dari Pinrang maupun daerah lain sekitarnya. Terkait penundaan itu, Suwardi Thahir yang juga merupakan Dewan Penasehat SMSI Sulsel menginfokan bahwa untuk pelaksanaan UKW ke depan, pihaknya telah membuatkan sistem sehingga daerah-daerah yang akan melakukan UKW bisa menghubunginya untuk melakukan koordinasi lebih awal, baik menyangkut pembiayaan, admin maupun sistematika pelaksanaan UKW.  ‘’Kami akan memberi penjelasan maupun arahan-arahan sehingga pelaksanaan UKW sukses dan menyenangkan,’’ tutupnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *