Sosialisasikan Perda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, Asmawati: Penting Miliki Identitas

  • Whatsapp
Sosialisasikan Perda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, Asmawati: Penting Miliki Identitas

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare, Hj Asmawati mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan kepada masyarakat, yang bertempat di Lantai 3 Hotel Grand Star Kota Parepare, Minggu 11 April 2021.

Dalam paparannya, Asmawati mengungkapkan, Perda tersebut bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dalam penyelenggaraan penerbitan dokumen administrasi kependudukan, dan pencatatan sipil (dukcapil).

“Kepastian hukum ini yang memberikan perlindungan kerahasiaan biodata penduduk dalam penyelenggaraan administrasi dukcapil. Dan juga hak penduduk dalam mendapatkan dokumen administrasi dukcapil dapat terpenuhi,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, dalam penerbitan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP), masyarakat harus memiliki akte lahir, sebab ini merupakan dokumen penting.

“Masih ada masyarakat yang tidak jelas identitasnya, padahal warga negara berhak mendapatkan identitas. Jadi diharapkan untuk mengurus akte lahir sebelum mengurus dokumen lainnya. Adapun apabila ketepatan tanggal lahir tidak diketahui, maka dilaporkan dulu, nanti akan ditentukan tanggal yang umum dipakai orang yang biasanya lupa tanggal saat dia dilahirkan,” jelas, Legislator NasDem itu.

Sementara itu, Kepala Seksi Identitas Penduduk Disdukcapil, AndI Maedali yang turut sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut menanggapi keluhan yang biasa dialami masyarakat apabila KTP mereka tidak terdaftar di Disdukcapil

“Ini yang sering dialami masyarakat. Jika ada hal demikian, silahkan disampaikan di Disdukcapil, karena KTP tersebut perlu diupdate. Prosesnya 1 kali 24 jam. Namun, apabila ada kerabat yang tidak dapat ke Kantor Disdukcapil, contohnga Disabilitas atau lumpuh, maka kami siap ke rumahnya untuk difasilitasi. Bisa disampaikan melalui nomor telepon kami, 0811415227,” tandasnya. (dar/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *