Sebulan PKPA di RSAM, Enam Mahasiswa PSPA Fakultas Farmasi UNHAS Ditarik

  • Whatsapp
Sebulan PKPA di RSAM, Enam Mahasiswa PSPA Fakultas Farmasi UNHAS Ditarik

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, sebanyak enam orang ditarik setelah melakukan Praktek Kerja Profesi Apoteker  (PKPA) selama sebulan di Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau (RSAM), Rabu 14 April 2021.

PKPA merupakan salah satu pembelajaran di profesi apoteker, yang harus mempunyai pengetahuan di rumah sakit khususnya di instalasi Farmasi, untuk menjadi calon apoteker yang handal.

Bacaan Lainnya

Ketua program studi Profesi Apoteker (PSPA) apta. Usmar mengatakan PKPA di rumah sakit merupakan jenjang terakhir pada Prodi Apoteker.  Dikatakan PKPA terdiri tiga jenis praktik, yakni PKPA di apotek, industri dan rumah sakit.

“Ini adalah program akhir penyelesaian studi mereka, yang telah berlangsung selama dua semester. Semester pertama kuliah teori, kedua praktek kerja profesi apoteker, profesi Apoteker asalnya dari S1 Farmasi,” katanya.

Kepala Instalasi Farmasi, RSUD Andi Makkasau, Hj. Nurdjihadu S menerangkan yang melakukan praktik lapangan di RSUD Andi Makkasau yang telah melakukan kerjasama bersama pihak rumah sakit. Menurutnya, praktik yang dilakukan di rumah sakit, mensingkrongkan teori yang didapat di kampus, dan dilapangan.

“Saya lihat mereka sangat antusias dan apa yang didapatkan disini sebagai bekal nanti pada saat mereka menjadi apoteker dan tidak menutup kemungkinan mereka masuk di Farmasi Rumah Sakit,” terangnya. (ana/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *