Puluhan PMI Bermasalah Tiba di Pelabuhan Nusantara, 80 Warga Sulsel

  • Whatsapp
Puluhan PMI Bermasalah Tiba di Pelabuhan Nusantara, 80 Warga Sulsel

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE – Sebanyak 93 Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah tiba di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, Jumat, 2 April 2021. Para PMI tersebut berasal dari beberapa provinsi. Dan terbanyak sekitar 80 orang adalah warga Sulawesi Selatan, sisanya 3 orang warga Sulawesi Barat, 1 orang dari Sulawesi Tenggara, 1 orang dari Jawa Timur, 1 orang dari NTB, dan 7 orang merupakan warga NTT.

Kedatangan para pahlawan devisa tersebut disambut oleh tim dari UPT Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Makassar, serta Pos Pelayanan PMI Parepare dan Polman. Saat turun dari KM Thalia Express yang mengangkut PMI dari Nunukan, mereka berkumpul di kantor Pos Pelayanan PMI Parepare yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No 138 A kota Parepare untuk mendapatkan pengarahan mengenai prosedur bekerja ke luar negeri secara prosedural, serta dilakukan pendataan.

Bacaan Lainnya

Koordinator BP2MI Kota Parepare, M Arif mengatakan, setelah mendata PMI, tim BP2MI kemudian memfasilitasi kendaraan yang akan mengantarkan PMI menuju kampung halaman masing-masing, dan sebagian diserahkan kepada pemerintah daerah yang hadir menjemput warganya. “Adapun PMI asal Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, dan Jawa Timur ditampung sementara di shelter Pos Pelayanan PMI Parepare untuk menunggu jadwal transportasi ke daerah masing-masing,” ujarnya.

Sementara, Kepala UPT BP2MI Makassar, M Agus Bustami menyatakan, Pos Pelayanan PMI Parepare sebagai perpanjangan tangan dari BP2MI senantiasa siap sebagai garda terdepan dalam melayani dan melindungi PMI. “Pos Pelayanan PMI Parepare diperuntukkan sebagai fasilitas PMI dalam mendapatkan pelayanan serta perlindungan,” pungkasnya. (dar/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *