Pemkab Pangkep Raih Predikat B Sakip-RB Award 2020

  • Whatsapp
Pemkab Pangkep Raih Predikat B Sakip-RB Award 2020

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Kedeputian Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan menyelenggarakan Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, Kamis 22 April, kemarin. Untuk pencegahan penyebaran Covid-19, acara yang bertajuk SAKIP-RB Award 2020 ini dilaksanakan dengan perpaduan antara tatap muka langsung dan melalui daring.

Hasil evaluasi beserta rekomendasi perbaikannya diserahkan secara simbolis oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo kepada 66 pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota yang hadir secara langsung. Sementara pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota lainnya menerima hasil evaluasi secara virtual. Salah satunya, Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) yang berhasil meraih predikat B sesuai hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP)- Reformasi Birokasi Tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Keberhasilan Pemkab Pangkep, menunjukkan peningkatan atau naik satu strip dibanding tahun sebelumnya yang hanya mendapat predikat CC atau cukup. Maka, Kabupaten Pangkep termasuk satu dari 10 daerah kabupaten/kota di Sulsel yang mendapat predikat B. Beberapa daerah di antaranya masih meraih predikat C atau CC, seperti Kabupaten Barru, Enrekang, Jeneponto, dan Selayar.

Plt Sekda Kabupaten Pangkep, Irdas SH MSi mengakui, keberhasilan itu merupakan buah dari kerja keras dan kebersamaan semua pihak untuk perbaikan birokrasi.“Kita harap semangat ini terus berlanjut untuk mendapatkan predikat AA atau A,”katanya. Namuan, kata mantan Kabag Hukum itu, terpenting adalah budaya ini terus dilakukan secara berkesinambungan, agar bisa setara dengan kota/kabupaten yang mendapat predikat A.

Pada kesempatan tersebut, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota yang mendapatkan predikat SAKIP-RB B, BB, A, dan AA, karena telah bersungguh-sungguh melakukan berbagai upaya perbaikan, sehingga tercipta birokrasi yang kapabel dan berdaya saing, yang mampu menjalankan program-program pemerintah dengan efektif dan efisien. Hadir mendampingi Menteri PANRB dalam acara penyerahan hasil evaluasi, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji dan Plt. Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Agus Uji Hantara.

Serta turut hadir Sekretaris Utama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ernadhi Sudarmanto, Sekretaris Utama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Syahrul Mubarak, Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia Sumrahyadi, pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kementerian PANRB, para pimpinan dan sekretaris daerah yang mewakili tiap provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia, baik secara fisik maupun virtual.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *