Magang di Pertamina Lubricants, Lulusan Universitas Pertamina Tingkatkan Peluang Kerja

  • Whatsapp
Magang di Pertamina Lubricants, Lulusan Universitas Pertamina Tingkatkan Peluang Kerja
Mahasiswa Universitas Pertamina dalam sebuah diskusi. Foto: Ist

PAREPOS.CO.ID, JAKARTA– Persaingan kerja di masa pandemi COVID-19 menjadi makin sengit. Terutama bagi para lulusan baru perguruan tinggi. Tak banyak lowongan kerja dibuka, bahkan pengangguran bertambah. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia naik dari 5,23% pada tahun 2019 menjadi 7,07% di Tahun 2020.

Program magang menjadi salah satu jurus untuk meningkatkan kemungkinan alumni perguruan tinggi mendapat pekerjaan. 60 persen korporasi ternyata lebih memilih pelamar yang sudah pernah mengikuti program magang. Demikian temuan survey Hart Research Associates bekerja sama dengan American Association of Colleges kepada sejumlah perusahaan.

Bacaan Lainnya

“Untuk mendukung peningkatan kompetensi para alumni di pasar kerja, Universitas Pertamina bekerja sama dengan PT Pertamina Lubricants (PTPL) menghadirkan Industrial Experience Program. Yaitu program magang yang dikhususkan bagi para alumni Universitas Pertamina selama setahun. Durasinya dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan kedua belah pihak,” jelas Budi W. Soetjipto, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina.

Andre Herlambang, Direktur Finance & Business Support PTPL, mengatakan bahwa melalui program magang ini diharapkan ide-ide para alumni dapat mendukung Pertamina Lubricants. Terutama dalam proses pengembangan produk, pengembangan pasar, dan penyusunan strategi perbaikan proses bisnis.

“Selain menerjunkan para alumni secara langsung dalam kegiatan bisnis, kami juga menyiapkan pembimbing dan pendamping bagi para peserta magang. Sehingga nantinya para peserta magang bisa mengevaluasi kinerjanya secara berkala untuk meningkatkan skill dan kompetensi diri,” ujar Andre dalam wawancara daring, Senin (26/04).

Hidayattul Rahman Hakim, salah satu alumni Program Studi Teknik Kimia Universitas Pertamina Tahun 2020, diterima di Divisi Process Engineering PTPL. Ia merasa sangat terbantu dengan adanya program tersebut. “Bagi kami yang ‘angkatan corona’ ini, bisa magang di perusahaan sekaliber Pertamina Lubricants adalah kesempatan yang sangat luar biasa. Apalagi magangnya dibayar,” ungkapnya.

Career Development Center Universitas Pertamina melakukan seleksi khusus bagi peserta program Industrial Experience Program. Sejumlah 26 alumni terpilih mengikuti program. Mereka ditempatkan di berbagai fungsi strategis PTPL, seperti Corporate Secretary, Quality Inspector, Human Resources Development, Strategic Sourcing, Brand, Finance, Process Engineering, dan Laboratorium.

Budi mengatakan terbuka kemungkinan peserta program mendapat tawaran untuk bekerja di Pertamina Lubricants setelah selesai magang. “Tentunya jika tersedia peluang di Pertamina Lubricants. Kemudian kompetensi alumni peserta magang cocok dengan kualifikasi yang dibutuhkan, dan kinerjanya selama magang juga dinilai bagus,” tuturnya.

Saat ini, kampus milik PT Pertamina (Persero) tersebut sedang membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor untuk Tahun Akademik 2021/2022. Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 23 Maret hingga 30 April 2021 mendatang. Seleksi ini merupakan seleksi tanpa tes.

Siswa-siswi dapat memilih empat program studi yang ada di Universitas Pertamina, disesuaikan dengan kelompok ujian dan latar belakang pendidikan SMA/sederajat yang tengah ditempuh. Seleksi Nilai Rapor dapat diikuti oleh siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran untuk kedua jalur masuk dapat diakses di laman https://universitas.pertamina.ac.id/pendaftaran(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *