Burung Rangkong dan Beo Digagalkan Karantina Parepare

  • Whatsapp
Burung Rangkong dan Beo Digagalkan Karantina Parepare

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE- Upaya penyelundupan satu ekor burung kangkareng perut putih (Anthracoceros albirostris) dan satu ekor beo/tiong emas (Gracula religios) asal Samarinda, Kalimantan Timur, kembali digagalkan masuk oleh Pejabat Karantina Pertanian Parepare wilayah kerja Pelabuhan Nusantara, Jumat 30 April 2021.

Selain tidak dilaporkankan kepada pejabat karantina, satwa ini juga tidak disertai sertifikat karantina dari daerah asal. Untuk itu, Pejabat Karantina Pertanian yang bertugas melakukan tindakan karantina berupa penahanan.

Bacaan Lainnya

Andi Faisal selaku Kepala Karantina Pertanian Parepare menjelaskan bahwa tindakan ini melanggar Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 Tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan. Selain mencegah masuknya penyakit, pejabat karantina juga bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap satwa liar dan satwa langka.

Selanjutnya, satwa tersebut langsung diserahkan kepada BBKSDA Sulawesi Selatan yang disaksikan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Parepare serta Kepolisian Sektor Pelabuhan Nusantara Parepare.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *