BPKD Mateng Gelar Sosialisasi PKD, Ini Tujuannya

  • Whatsapp

PAREPOS.CO.ID, MAMUJU TENGAH — Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Daerah (PKD) yang bertempat di Aula Kantor Bupati Mamuju Tengah (Mateng), Kamis 31 Maret 2021. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kabupaten Mamuju Tengah(Mateng) H Askary Anwar.

Dalam sambutannya, Sekda Mateng menyampaikan beberapa hal kepada ASN bahwa kegiatan ini, urgent mengingat perkembangan dan situasi daerah kita bahkan global terus mengalami perubahan. Untuk itu sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) baik dalam konteks tatanan kebijakan maupun tatanan implementasi harus mampu melakukan adaptasi dan penyesuaian terhadap lingkungan yang ada.

Ia melanjutkan, ASN harus mampu merespon perubahan situasi dan kondisi lingkungan yang sewaktu waktu bisa berubah. “Dinamika masyarakat kita semakin berkembang berubah secara terus menerus mengikuti jaman menuntut kita bisa beradaptasi sebagai pelayan, menuntut kita meningkatkan kinerja dan produktifitas kita,”ungkapnya.

Ia menambahkan, kita perlu melakukan sosialisasi karena aturan dan kebijakan pemerintah itu berubah sesuai kondisi masyarakatnya, hal ini yang membuat kita di tingkat daerah harus belajar banyak. “Kalau kita tidak beradaptasi dan tidak menyesuaikan maka kita tidak mampu mengimplementasikan kebijakan pemerintah yang baru yang sesuai dengan keadaan saat ini,”ucapnya.

Ia juga menyampaikan salah satu perubahan itu adalah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2019, kemudian kita juga harus mengikuti perubahan tentang Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah.

“Untuk itu kita melakukan sosialisasi ini untuk menyamakan persepsi mengetahui secara jelas apa subtansi teknis yang berubah, apa yang tidak berubah dan bagaimana mengimplementasikannya,” katanya. Ia juga menegaskan kepada peserta agar mengikuti dengan baik dan mengikuti protokol kesehatan.(slm/B)

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *