Vaksinasi Tahap II Serentak di Sejumlah PKM di Majene

  • Whatsapp
Vaksinasi Tahap II Serentak di Sejumlah PKM di Majene

PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Vaksinasi covid 19 tahap dua serentak dilaksanakan di sejumlah pusat kresehatan masyarakat (PKM) di Kabupaten Majene. Vaksinasi tersebut digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Majene, Senin 8 Maret 2021. Diketahui vaksinasi tahap dua ini diperuntukkan bagi pelayan publik termasuk personil TNI dan Polri di daerah ini. Dan akan dilaksanakan dua hari ke depan yang dipusatkan di beberapa fasilitas kesehatan di Majene.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) pencegahan dan pengendalian penyakit masyarakat (P2PM) Dinkes Majene, Nafsah Rahim menyebutkan, untuk hari ini dilaksanakan di PKM Banggae I, Pamboang, Sendana I dan PKM Malunda. Selanjutnya di hari kedua besok akan dibuka untuk semua Puskesmas yang ada.

Menurutnya, seuai data jumlah personil yang divaksin diantaranya 42 dari babinkantibmas dan 47 dari TNI. Namun, untuk TNI ditemukan masih ada data yang namanya double dan adanya penugasan prajurit TNI di Desa Awo Kecamatan Tamneroddo untuk mengikuti TMMD. Sehingga hanya 10 TNI saja yang bisa divaksin saat ini. Selain itu ada juga yang datang hanya 14 orang sehingga pelaksanaannya ditunda.

Terkait jadwal vaksinasi bagi PNS , ia melanjutkan akan diupayakan pada pekan ini juga. Artinya, tinggal mengatur jadwal yang ada dan melihat kebutuhan polisi dan TNI yang divaksin.

Alasannya, karena memang yang diutamakan lebih dulu adalah polisi dan TNI. Selain itu, juga disebabkan pada persoalan ketersediaan vaksin, yang jumlahnya hanya 90 vial untuk 697 sasaran.

Sebelumnya, vaksinasi tahap dua, pihak Dinkes Majene telah menjemput vaksin covid 19 di Mamuju. Vaksin covid 19 itu dijemput di instalasi farmasi Provinsi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan penjemputan vaksin itu dengan melibatkan beberapa pihak terkait. Seperti tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Majene sebanyak tiga orang, Patwal Polres Majene empat orang dan dipantau langsung oleh perwakilan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Mamuju serta pihak BPKP Provinsi Sulbar.

Menurut informasi yang diperoleh vaksin covid 19 yang dijemput di Mamuju itu sebanyak 90 vial yang akan diperuntukan bagi pelayan publik. Seperti pihak TNI, Polri dan aparatur sipil negara ( ASN ) lingkup Pemkab Majene. Sebab, sebelumnya vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (Nakes) sudah lebih duluan divaksin bersamaan dengan sejumlah pejabat dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) jajaran Pemkab Majene.

Sedangkan menurut Kepala Gudang Farmasi Dinkes Majene, Eka mengatakan, data sasaran kali ini telah disiapkan sebanyak 10.063. Dari jumlah kegiatan vaksinasi tahap dua tersebut dilaksanakan atau dimulai, Senin 8 Maret 2021. Tentunya, diharapkan kegiatan vaksinasi tahap dua ini dapat berjalan lancar. (edy/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *