Tinjau Donor Darah dan Konvalesen Anggota Brimob, JK : Polri Salah Satu Institusi Penyumbang Darah Terbesar di PMI

  • Whatsapp
Tinjau Donor Darah dan Konvalesen Anggota Brimob, JK : Polri Salah Satu Institusi Penyumbang Darah Terbesar di PMI

PAREPOS.CO.ID,JABAR– Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Jusuf Kalla (JK) beserta sejumlah jajaran pengurus PMI Pusat meninjau Kegiatan donor darah ( Whole blood) dan donor plasma konvalesen perdana Anggota korps Brigade Mobil (Korbrimob) Polri di Gedung Gineung Pratidina Korbrimob, Mako Brimob Depok Jawa Barat, Selasa 2 Maret 2021.

Turut ambil andil pada kegiatan donor darah tersebut Personil mako pas pelopor, pas gegana , dan resimen 3, serta sejumlah anggota polri yang menjadi penyintas Covid-19. Jusuf Kalla berterima kasih atas Kegiatan donor darah dan donor konvalesen tersebut merupakan kerja sama Korbrimob bersama Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) dan PMI DKI Jakarta. Menurut JK, Polri merupakan salah satu institusi yang penyumbang darah terbesar ke PMI. Diharapkan dengan adanya kegiatan rutin dari Polri serta institusi lainnya dapat mencukupi kebutuhan darah di PMI yang mencapai 5 juta kantong per tahun.

Bacaan Lainnya

“Tentunya kita berterima kasih atas kegiatan yang dilakuan hari ini, di mana Polri merupakan salah satu institusi penyumbang darah terbesar ke PMI. Untuk itu adanya inisiatif polri bersama PDDI ini tentu dapat membantu mencukupi kebutuhan darah di PMI yang mencapai 5 juta kantong per tahun,”ujar JK.

Ketua PDDI Komjen Pol (Purn) Adang Darajatun mengungkapkan acara donor darah tersebut ditujukan untuk mengatasi menipisnya stok darah akibat pandemi. “PDDI akan selalu bekerja sama dengan kementerian dan lembaga untuk mengatasi kekurangan darah yang mulai menipis akibat pandemi, ], kebetulan kesadaran donor darah saat ini semakin bagus” ujar Adang.

Setidaknya dari kegiatan tersebut PMI berhasil mengumpulkan 150 kantong darah dan 7 kantong plasma konvalasens. Terkait masih minimnya donor plasma konvalasens. Kabid Kes Jas Kor Brimob Kombes Pol Djarot wibowo menyatakan hal itu karena kegiatan donor plasma konvalesens baru pertama kali diadakan di lingkungan Kor Brimob. Untuk itu pihaknya akan membuat Satgas Plasma Konvalesens mengingat penyintas Covid-19 di lingkungan Kor Brimob cukup banyak.  “Ini perdana, nanti kami akan membuat satgas terkait donor plasma konvalesens ini, kebetulan penyintas Covid di Kor-Brimob ini cukup banyak,” ungkap Djarot.(*/ade)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *