Tingkatkan PAD, Retribusi Parkir Pasar Wonomulyo Dipihakketigakan

  • Whatsapp
Tingkatkan PAD, Retribusi Parkir Pasar Wonomulyo Dipihakketigakan

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Demi peningkatan Pendapatan Asli Daerah dari penerimaan retribusi parkir. Dinas Perhubungan (Dishub) Polewali Mandar bakal menggandeng pihak ketiga untuk mengelola perparkiran Pasar Induk Wonomulyo, Kecamatan Wonomulyo.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Polman, Akhsan Amrullah mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah meminta pelaksana untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada pedagang, tukang bentor dan agen-agen mobil dan lainnya untuk pengambil alihan parkir areal pasar Induk Wonomulyo,

“Minggu ini kontraknya dimulai dan apabila ada riak-riak kecil akan kita benahi bersama karena biasanya kegiatan itu tidak semuanya masyarakat bisa langsung menerima karena belum mendapat penjelasan yang benar,” terang Kepala Dishub Polman Akhsan Amrullah, Selasa 8 Maret 2021.

Ahksan menyampaikan, untuk pedagang dan pegawainya akan diberikan perhitungan khusus karena jelas beda umum dengan para pedagang, itu yang akan di jelaskan ke Pedagang. “Pengelola diharapkan dapat menyesuaikan dengan baik dan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar yang harus dimulai terlebih dahulu agar bisa dilakukan perbaikan karena banyaknya kesimpang siuran informasi yang tidak jelas,”ujarnya

Akhsan merinci, saat ini pendapatan dari pengelolaan parkir Pasar Wonomulyo dibawah Rp10 juta perbulan, sementara kalau dilihat sumber pendapatan di Pasar Induk Wonomulyo sangat potensi mendongkrak PAD sehingga kedepan target pengeloaan parkir secara profesional akan di targetkan Rp 27 juta per bulan.

Hal ini juga sudah dilakukan uji petik dan beberapa daerah yang memberlakukan hal serupa PADnya naik. Menurut Akhsan penerapan parkir ini akan menguntungkan masyarakat yakni dari sisi keamanan, kendaran masyarakat akan aman karena akan di lengkapi CCTV di lokasi parkir dan kendaraan yang parkir akan diasuransikan.

Meski belum diterapkan, beberapa masyarakat mulai mempertanyakan sistem pengelolaan parkir yang akan dikelola oleh pihak ketiga. Masyarakat khawatir mereka dikenakan tarif parkir sama dengan pengunjung yang berkunjung ke pasar sementara banyak pedagang yang bermukim di pasar. Demikian halnya para pedagang yang setiap hari bekerja dipasar.

Sementara itu, Pihak ketiga yang akan mengelola parkiran di Pasar induk Wonumulyo Irfan Fahri mengaku saat ini tengah melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat dan warga dipasar seperti apa sistem dan pengaturan ketika parkir berjalan.(win/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *