Rakerda dan Pemberian Award SMSI Sulsel Bertabur Tokoh

  • Whatsapp
Rakerda dan Pemberian Award SMSI Sulsel Bertabur Tokoh

PAREPOS.CO.ID, MAKASSAR – Jika tak ada aral melintang, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulsel menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) sekaligus dirangkaikan pemberian penghargaan kepada sejumlah tokoh di Sulsel, Jumat, 26 Maret 2021. Rakerda SMSI Sulsel yang digelar di Hotel Claro ini menggelar pula dialog bertemakan ‘Membangun Optimisme Indonesia dari Daerah’.

Rakerda dan Pemberian Award SMSI Sulsel Bertabur Tokoh Rakerda dan Pemberian Award SMSI Sulsel Bertabur Tokoh Rakerda dan Pemberian Award SMSI Sulsel Bertabur Tokoh

Bacaan Lainnya

Penyerahan penghargaan kepada tokoh, kepala daerah, dan akademisi ini juga akan disaksikan oleh Ketua umum SMSI Pusat, Firdaus. Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dijadwalkan membuka acara dan diisi pembicara lainnya yakni mantan Menteri Pertanian yang saat ini pengusaha sukses asal Sulsel, Andi Amran Sulaiman sebagai keynotespeaker, serta Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Ketua SMSI Sulsel, Rasyid Al Farisi mengatakan, agenda ini merupakan program SMSI untuk lebih mendekatkan dengan masyarakat hingga tokoh- tokoh berpengaruh di Sulsel. Menurutnya SMSI adalah organisasi perusahaan pers yang erat kaitannya dengan masyarakat maupun pemangku kepentingan dalam rangka sebagai mitra dalam membangun bangsa khususnya di daerah. “Kita berharap dialog ini akan memberikan semangat dan optimisme melalui daerah membangun negeri. Sosok Pak Amran menjadi salah satu bagian representasi tokoh di Sulsel yang memiliki komitmen besar membangun bangsa ini menjadi lebih kuat,” kata Achi sapaannya.

Ketua SMSI Sulsel juga memberikan bocoran untuk pemberian penghargaan di acara nanti diantaranya beberapa kepala daerah, akademisi serta pengusaha, legislator, hingga organisasi profesi wartawan. “Menurut penilaian objektif kami di SMSI penerima penghargaan dianggap peduli dan mendukung kerja-kerja profesional pers sebagai upaya berkontribusi untuk daerah,” lanjut Achi.

Achi yang juga Pemred Fajar.co.id menambahkan undangan sudah tersebar, mulai ke organisasi profesi lainnya seperti, PWI, AJI, IJTI, PFI, AMSI serta lain lain. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

SMSI adalah organisasi media siber atau online yang telah menjadi konstituen di dewan pers. SMSI Sulsel saat ini sudah bergabung media online sebanyak 32 media. Pemberian penghargaan kepala daerah, yaitu Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Bantaeng Ilham Azikin, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Walikota Makassar Ramdhan Danny Pomanto, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, Bupati Soppeng Kaswadi Razak, Bupati Luwu Basmin Mattayang, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Selain itu, penghargaan juga diberikan ke Stafsus Wapres RI Sukriansyah S Latief, Pengusaha Nasional Andi Amran Sulaiman, Rektor UNM Prof Husain Syam, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo, Mantan Ketua PWI Sulsel Zulkifli Gani Ottoh, Legilator DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif dan Selle Ks Dalle, Direktur Utama PT Pelindo IV Prasetyadi, Ketua PHRI Sulsel Anggiat Sinaga, Praktisi Ekonomi Andi Hudli Huduri dan Dirut PDAM Makassar Hamzah Ahmad.

Kordinator Steering Committe, Sabri mengatakan, SMSI adalah organisasi perusahaan pers akan memberikan penghargaan kepada kepala daerah dianggap peduli dan mendukung kerja kerja profesional. “SMSI Award 2021 kita akan memberikan kepada kepala daerah yang peduli dengan media dan pers yang dirangkaikan dialog dialog optimisme daerah membangun negeri,” katanya. “Kegiatan kami akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dengan menyediakan rapid antigen untuk setiap undangan yang hadir,” ungkapnya.

Selayang Pandang SMSI

Serikat Media Siber Indonesia disingkat SMSI, didirikan di Banten pada tanggal 7 Maret 2017. Inisiator sekaligus pendiri SMSI adalah Bapak Firdaus, yang saat ini menjabat Ketua Umum SMSI Pusat. Selain itu juga ada Bapak Atal S. Depari yang saat ini menjabat Ketua PWI Pusat.

Sebagai organisasi perusahaan pers terbesar di Indonesia, SMSI diketahui telah mengalami 3 kali pergantian kepemimpinan sejak pertama kali didirikan, hingga digelarnya Kongres Pertama SMSI secara resmi pada Desember 2019.

Diketahui, kepemimpinan awal organisasi SMSI ini dilakukan dengan sistem penunjukkan oleh para dewan pendiri secara bergiliran. Pada tahun pertama SMSI diketuai oleh Bapak Teguh Santosa, sedangkan pada tahun kedua SMSI dipimpin oleh Auri Jaya.

Sedangkan berdasarkan hasil kongres pertama yang digelar secara demokratis di Jakarta, diketahui SMSI berhasil mengangkat Pak Firdaus sebagai Ketua Umum Pusat periode 2019-2024. Diketahui, SMSI berhasil didirikan berkat dukungan semua komponen masyarakat pers seluruh Indonesia, khususnya PWI seluruh Indonesia.

Setelah memiliki struktur organisasi lengkap di 34 provinsi dan hampir seluruh kabupaten dan kota di Indonesia, saat ini SMSI telah resmi menjadi anggota konstituen Dewan Pers, tertanggal 29 Mei 2020. SMSI telah mendapatkan Surat Keputusan Dewan Pers tentang hasil verifikasi yang dinilai memenuhi ketentuan Standar Organisasi Perusahaan Pers. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *