Nuansa Keagamaan, Kental Terasa di Hari Jadi Barru ke-61

  • Whatsapp
Nuansa Keagamaan, Kental Terasa di Hari Jadi Barru ke-61

PAREPOS.CO.ID,BARRU– Nuansa keagamaan sangat terasa, dalam pelaksanaan Hari Jadi Kabupaten Barru ke-61, Selasa 9 Maret, di Lantai VI Menara Mal Pelayanan Publik Barru. Secara berurut, kegiatan dimulai dengan hadirnya Qoriah Husnul Khatimah, membacakan Ayat Suci Al Qur’an dengan sangat indahnya.

Demikian pula, ketika Ketua MUI Kabupaten Barru yang juga Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso, Anregurutta Prof Dr. H, Faried Wajdy Lc, MA, memimpin doa pujian dan rasa syukur, kepada Sang Pencipta, dan secara khusu’ diaminkan oleh segenap Hadirin.

“Rasulullah Sallalahu Alaihi Wassalam, dalam hadistnya mengatakan, tatkala berkumpul orang banyak, lalu diantara mereka (ada yang memimpin) membacakan doa, kemudian diaminkan, maka Allah Subhanahu Wa Ta’Ala akan mengabulkan Doa itu,” ucap Anregurutta Prof Faried Wajdy dihadapan Undangan.

Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si, menambah citarasa spritual yang kuat dengan menyebutkan rasa syukurnya, atas beberapa tantangan dan peristiwa jaman. Mulai Pandemi Covid-19, Politik Pemilukada, Pemulihan Ekonomi, hingga keterbatasan anggaran yang beliau angkat di pidatonya.

“Dengan senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena  atas Rahmat dan Karunia-Nya,  pada hari ini kita  bersama-sama dapat menghadiri  peringatan Hari Jadi Kabupaten Barru ke-61 dalam suasana yang penuh kedamaian, kesejukan, kebahagiaan dan kebersamaan,” ucap Suardi Saleh memotivasi publik. Ia mendoakan, di peringatan ini, Allah SWT senantiasa memberikan Inayah-Nya  kepada  kita  semua,  sehingga  hidup  dan  kehidupan  kita, senantiasa dalam ridha dan naungan-Nya.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan pula, Saya selaku Bupati Barru mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Barru ke-61 kepada segenap warga masyarakat Kabupaten Barru dimanapun berada. Teriring doa dan harapan semoga di hari jadi kali ini, menjadi momentum dan komitmen bersama untuk mewujudkan Kabupaten Barru yang lebih sejahtera, mandiri, dan berkeadilan yang bernafaskan keagamaan,” Doa Suardi Saleh yang diamini oleh segenap Undangan dan Hadirin baik yang ada di dalam ruangan acara, maupun di beberapa tempat yang menyaksikan peristiwa ini, melalui teknologi informasi komunikasi.

Beberapa penghargaan yang patut disematkan kepada segenap khalayak Barru, adalah Dara yang dipaparkan Pemimpin Tanpa Sekat ini, terkait Pengumpulan Zakat di Barru.

“Daerah kita, Barru, Keempat terkecil (dari 24 Kabupaten/Kota) di Sulsel, tapi tertinggi pengumpulan zakatnya di Sulsel, Zakat Mal saja, 17, 8 M, jika ditambah zakat Fitrah, menjadi 23,4 M” urai Suardi Saleh dihadapan Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Menariknya, Plt Gubernur Sulsel, yang juga menyampaikan sambutannya di Hari Istimewa Kabupaten Barru ini, menyanjung Prestasi Pengumpulan Zakat Barru yang memang sudah dikenal secara Nasional ini.

“Mengenai pengumpulan zakat Barru, tadi saya WA (beri pesan Whatsapp) Baznas Provinsi, untuk belajar dari Barru terkait Zakat” Ucap Andi Sudirman Sulaeman. Adik dari Mantan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaeman ini, juga mengenal Barru yang selama ini mengupayakan semangat Nafas Keagamaan.

Pelaksana Gubernur kelahiran 1983 ini, kemudian banyak mengurai riwayah dan hadis Rasulullah, sebagai bagian dalam pengambilan kebijakannya.

Seperti ketika berbicara terkait ekonomi, Alumnus Fakultas Teknik Unhas Angkatan 2001 ini, menyebutkan cara Rasulullah berdagang, dengan pendekatan ekonomi sesuai kelas kemampuan. Demikian pula saat memahami dan mengatasi Pandemi Covid-19, wabah yang juga pernah terjadi di Zaman Khaulafaur Rasyidin, Beliau angkat sebagai panduan, untuk keselamatan bersama.

Selain Plt. Gubernur Sulsel, turut hadir selaku undangan, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdysam, Wakil Ketua DPRD Prov. Sulsel Muzayyin Arief, bersama beberapa mantan Ketua DPRD Barru Fakhruddin Sabir, SE dan Mantan Wakil Bupati Barru Drs. H. Andi Anwar Aksa, Ketua KKDB H.M. Yasin Azis, Mantan Kapolres Barru yang kini menjadi Kapolres Kota Parepare Willy Abdillah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulsel, serta undangan lainnya.

Pelaksanaan Hari Jadi Barru ke-61 Tahun 2021 ini, berjalan sukses, konsep acara yang dikemas sedemikian canggih meski dibatasi oleh Protokol Kesehatan Covid-19, tetap mampu mengangkat semua peristiwa, pidato, dan agenda penting, menyebar ke semua warga Barru.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *