Hadiri Musrenbang, Bupati Maros Ajak Masyarakat Tetap Produktif di Masa Covid-19

  • Whatsapp
Hadiri Musrenbang, Bupati Maros Ajak Masyarakat Tetap Produktif di Masa Covid-19

PAREPOS.CO.ID, MAROS– -Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maros, Chaidir Syam dan Suhartina Bohari membuka Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tingkat Kecamatan Simbang dan Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Senin 1 Maret 2021.

Agenda pertama pemerintahan yang dihadiri Chaidir dan Suhartina pasca pelantikan dirinya menjadi kepala daerah itu meminta masyarakat yang berada di Kecamatan Simbang untuk tetap produktif ditengah pandemi Covid-19. “Hari ini kita dalam kondisi covid, kita serba terbatas dan harus melawan berbagai kondisi yang tidak normal. Ini tidak boleh membuat semangat menurun, pola kerja tidak boleh turun, namun kita harus menjalani dalam kondisi seperti ini, dengan kenormalan baru,” ujar Chaidir.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, seluruh elemn masyarakat dan pemerintahan harus bersatu untuk terus bekerja menjalankan program pemerintahan meski dalam keterbatasan anggaran akibat recofusing yang diperuntukkan untuk penanganan Covid-19.”Cara menghadapinya itu semua elemen harus bersatu untuk menghasilkan program kerja yang betul inovatif dan kreatif. Kita harus menghasilkan beberapa program dan kegiatan yang Insha Allah tanpa mengeluarkan biaya besar, namun hasilnya baik ke masyarakat,” jelasnya.

“Saya bersama ibu Suhartina dari awal masa kampanye sudah membuat beberapa program yang kedepan kita akan selaraskan dengan kondisi dari masing-masing dari wilayah,” tambah Ketua DPD PAN Maros itu.

Kedepannya, Chaidir bersama Suhartina akan langsung bekerja untuk menertibkan data yang akan dikelola pemerintahannya untuk mengidentifikasi kemampuan sumberdaya manusia masing-masing wilayah kecamatan dan desa.”Data base awal kita akan rampungkan, mulai dari dusun kita akan mulai data, pekan depan kita akan mendata kekuatan yang ada di desanya, jadi kita tidak boleh menyamakan program yang akan kita kerjakan. Kita akan data peluang peluang sdm yang berada di desa,” jelasnya.

Tidak hanya itu, mantan Ketua DRPD Maros itu juga akan memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat yang selalu menimbulkan persoalan. “Kita akan memimirkan bagaimana sistem adminstrasi kita tuntaskan di tingkat kecamatan, tidak usah tingkat kabupaten, jadi kepala desa yang akan tahu betul apa kebutuhan masyarkaatnya,” bebernya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Maros, Andi Patarai Amir pada pemaparan pokok-pokok pikiran di Kecamatan Simbang mengungkapkan perosalan masyarakat pada sektor pertanian. Ia menjelaskan dimana kelangkaan pupuk masih menjadi permasalah penting ditengah masyarakat.

“Keluhan para petani itu pupuk, jadi mungkin dinas pertanian bisa memimirkan masalah karena di wilayah ini tiga kali tanam, saya berharap ada solusi. Kemarin dinas pertanian dan distributor pupuk kita sudah panggil, sudah ada titik terang, dan mudah mudahan tahun ini masyarakat kita tidak kekurangan pupuk lagi,” bebernya. “Kita berharap secepatnya RPJMD nya dituntaskan dan kita harap akselerasi pemerintah mewujudkan visi misi pak bupati dan wakil bupati maros,” jelas Patarai.(tip/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *