Bupati Soppeng Buka Pelatihan Dasar CPNS Dihari Pertama

  • Whatsapp

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Hari pertama masuk kantor pasca dilantik pada 26 Februari lalu, Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak secara resmi membuka  Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III dan II, di Gedung Pertemuan Masyarakat Soppeng, Senin 1 Maret.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Pemkab Soppeng kerjasama Pusat Pelatihan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Adminestrasi Negara Republik Indonesia (PUSLATBANG KMP LAN RI)

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada kepala Puslatbang KMP LAN Makasar atas dukungan yang diberikan pada Pemkab Soppeng.

“Kami merasa bahagia dan bangga atas kebijakan penunjukan Pemkab Soppeng, yang merupakan satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan diberi ruang dan kesempatan untuk melaksanakan Diklat di daerah,” kata Andi Kaswadi.

Lanjut Kaswadi, hal ini tentu tidak serta-merta tanpa alasan. Pertama tentunya teman-teman semuanya dari lingkup yang terkait langsung bisa meyakinkan, dan ini adalah sebuah kerja – kerja yang nyata,komunikasi yang baik, sipakatau, sipakalebbi dan sipakainge.

“Ini adalah merupakan suatu motivasi bagi kita semuanya, bahwa kamipun akan melakukan komitmen yang sama dalam situasi pandemi Covid-19. Dan kesempatan ini juga harus kami jaga dengan memperlakukan protokol kesehatan dengan ketat,” ujarnya.

Kepada peserta, Andi Kaswadi harapkan agar mengikuti pelatihan ini dengan penuh dedikasi dan kesungguhan karena saudara (CPNS) adalah harapan bangsa ini. Dengan kerja keras dan kesungguhan akan menjadi bukti pengabdian saudara kepada bangsa dan negara, serta dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan Kabupaten Soppeng.

Pada kesempatan itu, Bupati Soppeng Andi Kaswad juga sampaikan, bahwa mulai hari ini (Senin) di Kabupaten Soppeng secara bertahap sudah membuka sekolah-sekolah atau proses pembelajaran tatap muka, dengan pemantauan langsung dari tim Satgas Covid-19 Soppeng.

Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar, Andi Taufik mengatakan, pelatihan dasar CPNS disingkat Latsar yang selenggarakan ini hanya satu boleh di luar yakni Kabupaten Soppeng, yang lainnya semua harus dilaksanakan di LAN.

“Satu-satunya izin yang diberikan oleh Deputi 3 untuk penyelenggaraan Latsar di luar dari lembaga negara hanya Kabupaten Soppeng yang ada di Sulawesi Selatan,” kata Andi Taufik.

Lanjut Andi Taufik, Latsar yang dilaksanakan hari ini bukan hanya dilakukan di Indonesia. Tetapi semua negara yang menerima civil servant itu menyelenggarakan pelatihan dasar, hanya namanya saja yang berbeda-beda di beberapa negara.

Di Amerika, kata Andi Taufik, menggunakan istilah induction training, tapi di beberapa negara di Eropa menggunakan istilah free service training.

“Di Indonesia, awalnya kita menggunakan dengan istilah prajabatan namun sekarang kita menggunakan istilah pelatihan dasar,” jelas Andi Taufik.

Sementara kepala BKPSDM Soppeng Kamaruddin mengatakan, pelatihan dasar CPNS Golongan III dan II berlangsung mulai tanggal 1 – 30 Maret 2021. Diikuti 228 orang peserta, terdiri Golongan III 198 orang terbagi 5 angkatan, dan Golongan II 30 orang satu angkatan.

Hadir pada acara pembukaan, Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide, Sekda HA Tenri Sessu, dan pimpinan OPD/ SKPD lingkup Pemkab Soppeng. (wis/B)

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *