1 April 2021, HET LPG 3 Kg Naik Rp 3000

  • Whatsapp
1 April 2021, HET LPG 3 Kg Naik Rp 3000

PAREPOS.CO.ID, PINRANG– Mengacu pada terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) Sulawesi Selatan Nomor 11 tahun 2021 tentang pedoman Harga Eceran Tertinggi (HET) Liquefied Petroleum Gas (LPG) tabung 3 kg. Dimana HET LPG 3 kg naik Rp 3.000 dari Rp15.500 menjadi Rp18.500 yang dinilai akan berdampak kepada masyarakat, khususnya kalangan bawah.

Kepala Dinas Perdagangan, Energi dan Mineral (Perindagem) Kabupaten Pinrang, Hartono Mekka membenarkan adanya kebijakan tersebut. Untuk pemberlakukan HET tersebut, pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah provinsi. Namun, pihaknya akan segera melalukan sosialisasi kepada seluruh agen dan pangkalan terkait kenaikan tersebut. “Dalam waktu dekat kita akan panggil pihak terkait untuk mensosialisasikan Pergub, agar masyarakat tidak kaget,”jelasnya. Peningkatan HET tersebut dinilai perlu, karena selama lima tahun belum pernah ada penyesuaian, sedangkan biaya operasional telah banyak berubah.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Sulsel M Firda membenarkan, adanya kenaikan harga, HET LPG 3 kilogram menjadi Rp18.500. Pasalnya, sejak 2015 HET LPG 3 kilogram itu Rp15.500 dan baru lagi dibuatkan Pergub dengan kenaikan Rp3.000. Kenaikan harga gas tabung melon dilakukan, kata M Firda, sebab adanya kenaikan biaya operasional. Di sisi lain, terjadi juga kenaikan pada upah minimum provinsi (UMP) dan disesuaikan dengan angka inflasi. Sehingga kenaikan HET memang harus dilakukan. ” Penerapan HET akan mulai berlaku pada 1 April 2021 dan diharap bisa berjalan dengan Pergub yang ada.Termasuk distribusi yang harus sesuai peruntukannya dan tepat sasaran yakni masyarakat miskin, nelayan, dan pelaku UKM,”ujarnya.(mnr/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *