Relaksasi Iuran BPJS Berakhir, Belum ada Kebijakan Perpanjangan

  • Whatsapp
Relaksasi Iuran BPJS Berakhir, Belum ada Kebijakan Perpanjangan

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE – Program relaksasi iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dimulai sejak Agustus 2020 lalu, kini telah berakhir. Selama masa relaksasi, BPJS memberikan keringanan iuran Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) sebesar 99% atau cukup membayar 1% saja. Dan juga penundaan sebagian iuran Jaminan Pensiun (JP) sebesar 99%, penurunan denda keterlambatan pembayaran iuran menjadi 0,5% dan perubahan batas waktu pembayaran iuran.

Hal itu setelah, pemerintah resmi mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2020, tentang Penyesuaian Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan selama bencana Non Alam penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Parepare, Arfiany menjelaskan, kebijakan tersebut membuat iuran bulan Februari seluruh peserta akan dikenakan iuran dan denda dengan tarif normal.

Selain itu, batas waktu pembayaran iuran juga akan kembali menjadi setiap tanggal 15 di bulan berikutnya. “Untuk relaksasi iuran memang telah berjalan pada bulan agustus tahun kemarin, tapi masa berlakunya sampai Januari 2021 tahun ini, jadi telah berjalan selama 6 bulan. Relaksasi dari BP Jamsostek sudah berakhir. Kalaupun ada wacana untuk diperpanjang, BPJS siap menunggu informasi dari pusat,” jelasnya, Rabu 10 Februari 2021.

Relaksasi iuran BPJS ini merupakan, salah satu upaya pemerintah untuk meringankan beban para pelaku usaha, pekerja informal dan sektor jasa konstruksi sehingga secara tidak langsung dapat mempertahankan keberlangsungan usaha mereka dan menjamin perlindungan jaminan sosial bagi para pekerja. “Pemerintah untuk saat ini melihat kondisi kebutuhan, dimana tahun lalu masyarakat memang butuh bantuan, namun saat ini pemerintah melihat kondisi yang lebih fokus terhadap program vaksin gratis,” pungkasnya. (dar/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *