Pemkab Gelar Rapat Monev, Lukman: Realisasi Fisik Capai 99 Persen

  • Whatsapp
Pemkab Gelar Rapat Monev, Lukman: Realisasi Fisik Capai 99 Persen

PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene kembali menggelar rapat monitoring dan evaluasi (Monev) untuk program dan kegiatan pembangunan triwulan IV tahun anggaran 2020 lalu. Tujuan dari rapat Monev tersebut agar mengetahui setiap capaian pelaksanaan kegiatan pembangunan oleh perangkat daerah. Apakah sudah berjalan sesuai dengan target yang direncanakan atau belum tercapai.

Termasuk permasalahan yang dihadapi selama tahun anggaran 2020. Sehingga Pemkab Majene penting untuk kembali menggelar rapat Monev terkait seluruh program kegiatan pembangunan triwulan IV Kabupaten Majene. Acara Monev itu digelar secara Virtual dan dibuka langsung oleh Bupati Majene, Lukman yang berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati Majene lantai dua yang turut diikuti para asisten serta pimpinan OPD lingkup Pemkab Majene.

Bupati Lukman mengatakan, dari hasil evaluasi dan monitoring yang dilakukan badan perencanaan daerah (Bapeda) Majene telah menunjukkan realisasi fisik dan keuangan khususnya sumber dana alokasi umum (DAU) sebesar 99,00 %. Hal tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu pada periode yang sama yaitu realisasi fisik 97,15 dan keuangan 93,46 %.

Sementara dana alokasi khusus (DAK) hasil refocusing realisasi fisiknya sebesar 100 % dan keuangan 98,06 %. Hal itu juga mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun 2019 pada periode yang sama yaitu 92,08 % untuk realisasi fisik dan keuangan 80,46 %.

Lukman melanjutkan, sedangkan realisasi dana tugas pembantuan, dekon dan sumber dana lainnya sebesar 100% untuk fisik dan 99,13 % untuk realisasi keuangan. ” Nah jika memperhatikan realisasi fisik maupun keuangan atas tiga sumber pendanaan itu hasilnya cukup memuaskan dan semoga kerja keras semua pihak dapat dipertahankan pada masa yang akan datang,” sebut Lukman.

Karena itu, Lukman juga berharap dengan dilaksanakannya monev ini ke depannya setiap OPD dapat merumuskan, menghasilkan dan melaksanakan program kegiatan yang lebih baik demi pembangunan Kabupaten Majene dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial secara menyeluruh. Serta meningkatkan aspek kesehatan masyarakat terutama dalam kondisi pandemi saat ini. (edy/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *