Munas VI Apeksi 2021 Dibuka Presiden Jokowi di Istana Negara, Ini Arahannya

  • Whatsapp
Munas VI Apeksi 2021 Dibuka Presiden Jokowi di Istana Negara, Ini Arahannya

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Kamis 11 Februari, dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo yang digelar terbatas di Istana Negara. Peserta lainnya menyaksikan melalui tayangan virtual. Munas VI Apeksi mengangkat tema “Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan dan Pascapandemi Covid-19”.

Presiden Jokowi dalam dambutannya mengungkapkan, perlawanan terhadap pandemi virus korona (Covid-19) masih belum berakhir. Oleh karena itu, Jokowi meminta agar para walikota terus menggencarkan upaya penanganan. Jokowi meminta agar pemerintah daerah terus meningkatkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan. Antara lain dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Bacaan Lainnya

Selain itu, upaya pemerintah untuk meningkatkan testing, tracing, dan treatment juga harus dilakukan. Selain penanganan kesehatan, Jokowi juga mendorong penanganan dampak ekonomi melalui program bantuan sosial dan padat karya tunai.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Dewan Pengurus Apeksi Airin Rachmi Diany menuturkan, pandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Mereka harus melakukan berbagai penyesuaian program kerja serta terus melakukan inovasi sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

Tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dalam situasi saat ini di antaranya ialah memastikan bahwa program penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi di daerah dapat terus berjalan hingga memastikan proses pembangunan dan pelayanan publik kepada masyarakat tetap berjalan secara optimal. Hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara tersebut ialah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (*/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *