Miris, Sebelas PMI tak Dibayar Majikan Milih Pulang Kampung

  • Whatsapp
Miris, Sebelas PMI tak Dibayar Majikan Milih Pulang Kampung

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE – Sebelas Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sulawesi Selatan tiba di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare melalui Kapal Motor Queen Soya, Senin 1 Februari 2021. Sebelas PMI tersebut dijemput oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Parepare dan disaksikan Pengantar Kerja Disnaker Parepare, Marliana Agus Mante.

Koordinator POS BP2MI Parepare, Muhammad Arif menjelaskan, sebelas PMI tersebut pulang sebab kabur dari majikannya, dan ditemukan oleh Pemerinrah Daerah Kecamatan Krayan, Nunukan. “Alasan mereka kabur dari majikannya karena gajinya tidak terbayarkan,” jelasnya.

Lanjut dia, sebelas PMI itu, katanya direkrut ilegal oleh oknum atas nama Suparman yang sudah jadi buronan saat ini oleh Polisi. “Suparman ini berasal dari Parepare, dan merekrut para calon PMI dengan mengatasnamakan dari PT Gala Farma. Pas dicek di Disnaker, tidak ada nama PT nya terdaftar, berarti PT ilegal. Bahkan dicek melalui Google saja tidak ada,” imbuhnya.

Olehnya itu, Arif mengimbau kepada semua calon PMI bahwa berangkat ke luar negeri itu penuh dengan resiko. Sehingga harus berangkat secara prosedural, agar meminimalkan resiko mengalami eksploitasi. Bila berangkat secara non-prosedural, kata dia, akan mengakibatkan PMI dalam posisi yang rentan. “Untuk itu carilah informasi mengenai prosedur bekerja ke Luar Negeri yang legal dengan mendatangi Dinas yang membidangi ketenagakerjaan di kabupaten setempat, atau UPT BP2MI atau Pos BP2MI terdekat,” tandasnya.

Kesebelas PMI yang tiba di Pelabuhan Nusantara Parepare berasal dari Sulawesi Selatan. Diantaranya 4 dari Kabupaten Bulukumba, 4 Bantaeng, 1 Jeneponto, 1 Bone, dan 1 berasal dari Kabupaten Pinrang. (dar/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *