Miris, HMI dan PMII Bentrok Saling Lempar Batu di Kampus UNASMAN

  • Whatsapp
Miris, HMI dan PMII Bentrok Saling Lempar Batu di Kampus UNASMAN

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Aksi bentrok dua organisasi extra yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia(PMII) tidak dapat dielakkan. Dua organisasi mahasiswa ini terlibat saling lempar batu dan saling serang, Sabtu 20 Februari, kemarin.

Aksi tak terpuji itu berlangsung di halaman kampus Universitas Al Asyariah Mandar ( UNASMAN) di Jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Madatte, Kecamatan Polewali sekitar Pukul 14.00 wita. Bentrok terjadi di saat HMI menghelat pembukaan Intermediate Training (LK II) HMI Cabang Polman di Aula KH Syahabuddin Universitas Asyariah Mandar (Unasman). Dalam insiden ini 7 orang mengalami luka-luka 3 diantaranya dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Bacaan Lainnya

Hingga pagi ini, Minggu 21 Februari, insiden bentrokan tersebut belum dapat diketahui apa pemicunya. Satuan Polres Polman yang dipimpin langsung oleh Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono yang berada di lokasi kejadian langsung mengamankan aksi bentrokan itu dengan melepaskan tembakan peringatan ke udara.

Pasalnya, kedua massa mulai brutal saling lempar batu dan kejar-kejaran antara anggota hingga meluas sampai ke jalur dua depan kampus Unasman. Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono mengatakan, penyebab bentrokan belum diketahui. Namun pihaknya dapat meredam perkelahian kedua organisasi mahasiswa itu. “Syukur Alhamdulillah, bentrokan dapat di damaikan sehingga tidak berkepanjangan. Selain itu pengamanan juga kita siagakan dilokasi agar tidak terjadi bentrokan susulan,”ujar Kapolres Polman Ardi Sutriono.

Sementara itu, Bagian Kehumasan Kampus Unasman, Muhammad Abid mengungkapkan, aksi ini murni bentrokan antara dua organisasi extra yakni HMI dan PMII yang kebetulan HMI punya kegiatan dan menyewa Aula Unasman untuk kegiatan Pembukaan Intermediate Training (LK II) HMI. “Aula kampus ini kan kita komersilkan. Mereka sewa hanya untuk pembukaan.”kata Abid.

Terkait pemicu bentrokan, menurut Abid, pihak kampus pun belum mengetahui secara pasti apa motif pemicunya sehingga terjadi bentrokan. Namun dia memastikan mahasiswa Unasman yang sedang mengikuti ujian Profosal saat itu tak ada yang menjadi korban. Akibat kejadian ini , pihak kampus sangat merasa dirugikan karena beberapa jendela ruangan belajar kampus Unasman pecah terkena lemparan batu. “Kami juga sudah melakukan konfirmasi kepada senior HMI , agar penyelenggara kegiatan ini bertanggungjawab atas kerusakan yang terjadi,”tutupnya.(win/B)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *